Berinternet Ala Game 3D

Berselancar di dunia maya sebentar lagi bakal makin mengasyikkan. Pengguna tidak lagi disuguhi tampilan layar berformat dua dimensi. Dengan browser bernama ExitReality, dunia maya dapat dijelajahi secara tiga dimensi (3D). Peranti berinternet buatan sebuah perusahaan asal Australia itu menyajikan tampilan setiap website menjadi sebuah virtual environment seperti dalam game 3D.

Website diibaratkan sebuah dataran dengan gambar dan menu ditampilkan sebagai papan reklame yang berdiri tegak. Berbagai iklan yang biasanya ada pada website ditampilkan di “langit” dalam virtual environment.

Kursor tidak lagi berupa anak panah. Melainkan menjadi avatar 3D berbentuk manusia, yang tampilannya juga bisa dikustomisasi. Untuk menggerakkan avatar, pengguna bisa memakai bantuan mouse atau tombol panah pada keyboard. Jika scroll mouse diputar, area pandang avatar berubah. Bisa mendongak melihat “langit” atau memandang ke bawah. Benar-benar seperti dalam game 3D seperti World of Warcraft atau The Sims.

Membuka situs social network dengan ExitReality juga sangat menarik. Sebab, tampilan situs macam Facebook atau MySpace diubah menjadi apartemen virtual. Foto-foto dipajang di “tembok” apartemen dan link menuju teman-teman maya ditampilkan dalam bentuk pintu menuju ke apartemen lain.

Jika memakai ExitReality untuk membuka situs YouTube, pengguna bakal menemui tampilan ala bioskop virtual. Avatar sang pengguna digambarkan duduk menonton video, bersebelahan dengan avatar milik pengguna lain yang juga sedang log on ke YouTube.

Tampilan menarik ala ExitReality membuat penggunanya betah untuk berinternet lebih lama. “Umumnya, pengguna hanya beberapa menit mengakses internet dengan situs bertampilan dua dimensi. Dalam environment 3D, mereka akan betah untuk lebih lama berinternet. Pemilik website bisa memanfaatkannya untuk memaksimalkan aktivitas user di website miliknya,” ujar Danny Stefanic, founder ExitReality.

Penasaran ingin mencoba? Kunjungi saja situs exitreality.com dan download plug-in-nya. Aplikasi tersebut bisa diunduh secara gratis. (rum/bs/jpnn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: