Di Antara Peluang Pasar yang Menggoda

Pedagang Buah Paling Banyak Banting Setir

BAGI yang pintar menangkap peluang. Masa bulan Ramadan adalah masa meraup untung sebesarnya. Karena itu, tidak heran, jika saat ini ditemukan banyak pedagang dadakan.

Edward Ferdinant – MARTAPURA

BISNIS kue lebaran setiap tahun selalu menjadi lahan empuk bagi pedagang untuk mencari pemasukan lebih. Setiap menjelang lebaran permintaan akan aneka kue lebaran ini selalu diserbu pembeli.
Seperti yang terlihat di Pasar Martapura OKU Timur, jika sebelumnya di sepanjang jalur di Pasar Martapura hanya terlihat pedagang buah dan keperluan rumah tangga,

menjelang lebaran ini berubah 100 persen (banting setir) menjadi deretan penjual kue lebaran. Meski letaknya saling berdampingan, tetap saja pada pedagang kue lebaran ini ramai diserbu pembeli.
Seperti yang diungkapkan Sunarti (40) yang mengaku sudah lima tahun terakhir berjualan kue lebaran di Pasar Martapura. Menurutnya untung yang didapat dari berjualan kue lebaran lebih besar daripada berjualan perabotan rumah tangga pada hari biasa.
“Memang resikonya besar karena kita harus beli semuanya tanpa dikembalikan baik habis maupun tidak habis, tapi untungnya juga lebih besar. Setiap mendekati lebaran pembeli pasti semakin ramai lagi. Seperti hari ini, pasti besok lebih ramai lagi,” ujar seraya sibuk melayani pembeli.
Ramainya masyarakat yang membeli kue lebaran, diakui Sunarti dalam sehari dirinya bisa meraup omset hingga Rp 2 juta rupiah. Bahkan sehari menjelang lebarang omset tersebut bisa lebih besar lagi. “Paling besar bisa sampai Rp 3 juta sehari, jadilah pak walaupun resikonya besar karena kita harus beli semuanya walaupun tidak laku, tapi untungnya juga besar,” imbuhnya seraya mengatakan setelah lebaran dirinya kembali berjualan alat-alat dapur dari plastik.
Hal senada juga diungkapkan Ny Heriyanto, meski aneka kue lebaran yang dijualnya dilengkapi dengan toples dan dalam bentuk yang unik, dirinya mengaku tetap saja pembeli yang datang ramai. “Kue ini asli buatan dan kreasi kita sendiri, ada kue keju, kue satu, putri salju dan lainnya. Dan alhamdulillah banyak juga yang beli, rata-rata yang beli mengaku tidak mau repot lagi,” ujarnya seraya mengatakan satu toples kue lebaran dijual dengan harga Rp 25 ribu. (*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: