Paripurna DPR Terima Bambang Jadi Kapolri

RADAR PALEMBANG, KAPOLRI-Bintang di pundak Kabareskrim Komjen Pol Bambang Hendarso Danuri dipastikan bertambah. Akpol lulusan 74 yang namanya telah diterima secara aklamasi oleh Komisi III DPR setelah lulus dalam fit and proper test sebagai Kapolri Senin lalu (22/9) itu kini tinggal menunggu pelantikan oleh presiden pada 30 September nanti. Ini setelah sidang paripurna DPR menyepakati dan menerima tanpa syarat hasil Komisi III terhadap Bambang kemarin (24/9).


Sidang paripurna yang sempat molor dari pukul 09.00 ke pukul 10.40 WIB tersebut juga dihadiri Bambang. Dalam laporannya, Ketua Komisi III Trimedya Pandjaitan menyampaikan bahwa dalam rangkaian fit and proper test Komisi III telah membuka kesempatan bagi publik untuk memberi masukan selama empat hari mulai 18-22 September.
’’Kami menerima enam masukan. Mayoritas sifatnya bagaimana (proyeksi) Polri yang ideal ke depan,’’ katanya. Dalam rentang waktu itu, perwakilan Komisi III juga berkesempatan mengunjungi kediaman pribadi Bambang pada 19 September. ’’Kami perlu melihat kesiapan keluarga apabila kepala keluarga mereka menjadi Kapolri,’’ ujar politisi PDIP itu.
Bermodal berbagai masukan dan informasi yang diperoleh, Komisi III melakukan fit and proper test secara resmi. ’’Ada 26  penanya dari anggota Komisi III. Semunya dijawab dengan tangkas dan lugas,’’ puji Trimedya. Setelah menggelar rapat pleno malam harinya, imbuh dia, seluruh anggota komisi III secara aklamasi menyetujui untuk memberhentikan Jenderal Pol Sutanto dan mengangkat Komjen Pol Bambang Hendarso Danuri sebagai Kapolri.
Ketua DPR Agung Laksono berharap kinerja kepolisian dengan pemimpin yang baru bisa semakin optimal. ’’Apa yang sudah baik dari hasil kepemimpinan yang lalu (Sutanto, Red) terus dipertahankan dan apa yang belum tolong ditingkatkan,’’ katanya.
Seusai paripurna, kepada wartawan yang mencegatnya, Bambang kembali menyampaikan akan melanjutkan langkah-langkah yang sudah ditempuh Jenderal Pol Sutanto. Meski begitu dia membantah, bila dirinya dianggap hanya menyontek dan miskin konsep. ’’Nggak betul itu. Kebijakan strategis harus berjalan secara simultan. Tidak bisa dipotong di tengah jalan dan terputus. Visi misi tentunya tetap sesuai grand strategi Polri. Yang jelas, kami akan tetap membuat prioritas,’’ janjinya. Serah terima jabatan rencananya akan dilakukan 9 Oktober nanti, sehari sebelum Bambang berulangtahun ke 56.
Di bagian lain, Jenderal Sutanto  menggunakan kesempatan buka puasa bersama di Mabes Polri kemarin (24/9) untuk berpamitan. Di depan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wapres Jusuf Kalla, orang nomor satu di tubuh Polri itu mengucapkan terimakasih pada semua pihak yang membantunya selama ini.”Saya melaporkan bahwa enam hari lagi (tanggal 30 September, Red) sesuai UU, saya akan pensiun. Terimakasih presiden dan wapres,” katanya.
Lulusan terbaik Akpol 73 itu juga meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan selama ini. ”Tentu saya memiliki kesalahan baik yang disengaja maupun tidak. Saya minta maaf,” tambahnya. Acara buka puasa bersama itu dihadiri sejumlah pejabat negara termasuk anggota DPR. Tampak Ketua MPR Hidayat Nurwahid dan Menpan Taufiq Effendi. Komjen Bambang yang belum dilantik sebagai Kapolri, belum duduk di samping presiden. (pri/naz/jpnn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: