Pengusaha Tahu Pertanyakan Subsidi Kedelai

SEJUMLAH pengusaha tahu yang tinggal di kawasan Sungai Itam Jalan Putri Rambut Selako Bukit Besar Kecamatan Ilir Barat I dan II mempertanyakan subsidi kedelai yang digalakan pemerintah sejak beberapa waktu lalu. Pengusaha yang sebagian besar dari Tionghoa ini hanya minta kejelasan tentang besaran subsidi yang berhak mereka terima tersebut.

Abeng salah seorang pengusaha tahu menuturkan sejak program subsidi kedelai diberlakukan dirinya tidak mengetahui secara pasti berapa besar subsidi yang pemerintah berikan.
”Kita hanya ingin mengetahui berapa sebenarnya subsidi yang berhak kami terima. Karena dari informasi yang didapat setiap kilogram kedelai, pemerintah memberikan subsidi Rp 1000,” ujarnya kepada koran ini.
Namun kenyataan dilapangan tidak demikian. ”Sekarang ini harga kedelai kan Rp 6000, dengan subsidi maka kami cukup membayar Rp 5000, namun kenyataan dilapangan kami tetap membayar lebih kadang Rp 5700,- inikan tidak jelas, ” ujarnya.
Ditambahkan Abeng, kondisi seperti ini sudah berlangsung cukup lama, namun sebagian warga takut untuk mempertanyakannya. Diakui abeng di wilayahnya ada sekitar 400 pengusaha tahu. Dari angka tersebut, sebanyak 250 orang telah mendapatkan kupon subsidi pembelian kedelai.
Lebih lanjut ia menyesalkan, mengapa penyaluran tersebut hanya dilakukan oleh satu orang saja sehingga muncul kesan monopoli. ”Coba bayangkan kalau setiap bulan pengusaha tahu membeli 20 kg kedelai, maka berapa besar subsidi dikucurkan, ” terangnya.
Ditegaskan Abeng, dirinya tidak memiliki tujuan apa-apa, melainkan kejelasan tentang program yang ditujukan untuk membantu pengusaha kecil tersebut. ”Kita hanya butuh klarifikasi, berapa sebenarnya subsidi yang berhak kami terima, apakah benar Rp 1000, atau tidak, selain itu apakah subsidi tersebut juga ditentukan berdasarkan harga jual, itu sebenarnya yang ingin kita ketahui, ” tegasnya. (ace)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: