Perusahaan Sumsel Masih Taat

RADAR PALEMBANG,SIDAK-Inspeksi Mendadak (Sidak) Tunjangan Hari Raya (THR) yang dilakukan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) ke sejumlah perusahaan kemarin, belum menemukan adanya ingkar kepatuhan perusahaan. Sebaliknya, perusahaan telah membayar THR diatas tanggal ketentuan.
PT Indofood (tbk) Palembang yang berlokasi di kawasan Km 09 biasa mengeloa bisnis pemasaran mie instant, yang sempat didatangi oleh tim sidak dipimpin langsung oleh kepala Disnakertrans Sapri HN, didampingi oleh ketua Tim posko THR lebaran Kiagus Zainuddin, Suhaimi dan Herti kemarin, malah sudah membayarkan THR bagi 800 orang karyawan tanggal 16 September lalu, dengan total dana dikeluarkan mencapai Rp 3 miliar.


Percepatan pembayaran itu kata Operastor Manager PT Indofood Hendry Kurnadi, merupakan konsekwensi perusahaan untuk tetap mempertahankan integritas perusahaan di mata karyawan juga pesaing bisnisnya. Apalagi, persoalan hak karyawan, yang tak bisa ditunda pemberianya.
Hal serupa juga terjadi di PT Interbis Palembang terkenal dengan produk roti biskuitnya. Pembayaran THR sudah  diselesaikan dari 16 September hingga 22 September lalu, dengan total sebesar Rp 1,5 miliar  bagi 1.500 karyawan Interbis.Dengan rata-rata pembayaran mencapai Rp 1 juta per karyawan.
Sementara itu dua perusahaan besar lain yang juga telah melaksanakan pembayaran THR adalah PT Hoktong, melalui Ketua Gabungan Pengusaha Karet Indonesia (Gapkindo) Awi Aman mengatakan, sebanyak 422 karyawan telah sepenuhnya dibayarkan sejak sepekan yang lalu.
Bahkan sebagai bentuk penghargaan, karyawan juga diberikan kebasan mengambil dana THR sejak pertengahan September.”Pasti kami sudah menyediakan, mereka berhak ambil kapan saja.
Begitupun untuk perusahaan Sinar Alam Permai (SAP) merupakan perusahaan minyak goreng terbesar di Sumsel. Pembayaran THR terkecil Rp 1 juta bagi lebih kurang 600 karyawan yang ada. Sudah tuntas diselesaikan sejak sepakan lalu.
Hingga H-7 kemarin, Disnaker dan LBH Palembang memang belum ada menerima aduan kasusperusahaan yang tak melaksanakan THR. Padahal biasanya,. Tahun sebelumnya sejak H-7 itulah, banyakl adua masuk. (ayu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: