Satu Jam Himpun Rp 230 Juta


Tak Bayar Zakat
Jabatan Ditunda

RADAR PALEMBANG,ZAKAT-Gebyar zakat Badan Amil Zakat (BAZ) daerah Sumsel di auditoroum Pemerintah Provinsi kemarin berlangsung meriah dan disambut antusias oleh undangan hadir. Tak heran, dalam waktu tak kurang dari satu jam gebyar dibuka, langsung mampu menghimpun dana hingga Rp 230 juta.


Forum gebyar zakat yang dibuka langsung oleh Gubernur Sumsel Mahyuddin NS kemarin, ditandai dengan pembayaran zakat gubernur Sumsel secara pribadi bernilai mencapai puluhan-ratusan juta ke BAZ Sumsel dengan operator Bank Sumsel Syariah  membuat pejabat lain ikut  urun mebnunaikan zakatnya masing-masing.
Hj Fatimah Rais hadir mewakili jajaran DPRD Sumsel pun tak segan ikut membayar zakat pribadinya melalui BAZ tersebut. Disusul oleh pejabat lain seperti ajjaran eselon II dan III di jajajaran pemerintah Provinsi. Tak mau kalah juga Direktur Bank Sumsel Asfan Fikri Sanaf pun ikut menandatangani kwitansi setoran zakat pribadinya langsung tersalur ke rekening BAZ Sumsel.
Dalam sambutanya, gubernur Sumsel Mahyuddin NS mengungkapkan rasa bangganya terhadap tingkat kesadaran zakat di Sumsel. Hingga  semester I 2008 Sumsael mampu menghimpun dana kenaikan zakat mencapai Rp 2,1 miliar.
Dengan rata-rata prosentase kenaikan tahun ini mencapai 30 persen, khusus baru di jajaran dinas dan BUMN Sumsel. Sedangkan sektorswasta lain belum tergarap hingga kini masih cukup besar.
“Kalau rata-rata pungutan dinaikkan, golongan I Rp 2.000, golongan II Rp 4.000, golongan III Rp 6.000 dan golongan IV Rp 8.000, dari total Rp 8.000 pejabat Pemprov akan mampu mengumpukan zakat Rp 3,5 miliar per tahun, sedangkan sektor swasta bisa mencapai dua kali lipat dari PNS,”ujarnya.
Ini potensi luar biasa bagi Suimsel. Kedepanya harus dibuat aturan khusus tentang zakat. Termasuk bagi pegawai yang tak mau menunaikan zakatnya, secara tidak langsung akan menerima ganjaran penundaan jabatan.
Aspek kasadaran berzakat adalah cermin pribadi seorang, baik pegawai ataupun bukan. Bila kewajiban pribadi saja sudah bisa dilaksanakan dengan baik, Pemprov yakin pegawai juga bakal bisa mengemban amanah diberikan dengan baik. (ayu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: