Tipikor Polri Bidik Petinggi Pertamina

RADAR PALEMBANG, KORUPSI-Penyidik Direktorat III/Tipikor Bareskrim Polri terus mengumpulkan saksi, alat bukti, serta saksi ahli dalam kasus dugaan korupsi impor 600 ribu barel minyak mentah jenis Zatapi. Empat orang tersangka yang ditetapkan dalam kasus ini baru dipanggil setelah Lebaran nanti. Polisi mengenakan UU No 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

”Setelah Lebaran baru kita proses dan kita panggil karena sekarang kita terus melengkapi bahan-bahan untuk penyidikan,” kata Direktur III/Tipikor Brigjen Pol Jose Rizal Efendi di Mabes Polri kemarin (24/9). Keempat orang yang tercatat sebagai staf di Direktorat Pengolahan itu adalah pintu masuk untuk menguak keterlibatan petinggi di atasnya. ”Kan tidak mungkin pembelian minyak hanya disetujui staf?” katanya balik bertanya.

Modus kejahatan dalam kasus ini, untuk sementara yang tercium polisi adalah pembelian dilakukan padahal hasil uji kualitas minyak belum keluar. Otomatis campuran minyaknya masih misterius. Tender dimenangkan Gold Manor International Ltd, sedangkan selisih harga masih ditelusuri.

Zatapi merupakan minyak mentah jenis baru yang merupakan hasil campuran dari minyak mentah sejenis tapis dari berbagai negara dengan sertifikat keterangan asal (SKA) dari Malaysia. Empat orang tersangka dalam kasus ini adalah Rinaldi, Kairudin, dan Krisnanda atau Krisna Damayanti, dan Suroso. Merekalah yang bertanggung jawab sebagai manajemen panitia pengadaan minyak.

Menurut audit Badan Pengawasan Keuangan Pembangunan (BPKP), tindakan itu menyebabkan kerugian negara USD 54 juta (sekitar Rp 497 miliar). Polisi belum menahan dan mencekal keempat orang tersebut. Kasus ini pertama kali terungkap dalam rapat kerja Komisi Energi DPR dengan Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro pada Februari 2008. (naz/oki/JPNN)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: