88 Caleg Muba tak Lolos

RADAR PALEMBANG, GAGAL- KPUD Muba secara resmi, kemarin, telah mengumumkan daftar nama-nama caleg yang ditetapkan sebagai daftar calon sementara (DCS) pasca rapat pleno yang dilaksanakan Rabu (24/9). Dari 680 caleg yang didaftarkan ke KPUD Muba, terdapat 88 caleg yang tidak memenuhi syarat dan dinyatakan tidak lulus.


Ketua KPUD Muba Tirta Arisandi yang dihubungi koran ini kemarin dan mengaku berada di Jakarta, mengatakan, dari 88 caleg yang tidak lulus verifikasi KPUD itu tidak hanya didominasi partai kecil tetapi juga ada yang berasal dari parpol besar.
Hanya saja, lanjutnya, nama parpol asal caleg yang tidak lulus, Tirta tidak mau menjelaskan. “Beberapa nama caleg dari partai besar ada yang tidak lulus karena tidak melengkapi berkas,” kata Tirta.
Pasca diumumkannya DCS hari ini (kemarin), lanjut Tirta, KPUD Muba meminta masyarakat untuk memberikan masukan terhadap nama-nama caleg yang diumumkan. Apakah caleg yang lulus DCS memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai DCT.
“Masyarakat dapat memberikan masukan apakah caleg yang diajukan pernah dijatuhi pidana penjara di atas lima tahun atau terindikasi ijazah palsu,” kata Tirta.
Teknisnya? Tirta menambahkan, masukan dari masyarakat terhadap caleg, tidak harus disampaikan secara tertulis melainkan dapat menggunakan beberapa cara. Seperti datang langsung ke KPUD, berkirim SMS, atau menyampaikan laporan secara tertulis. Masukan dapat disampaikan melalui panwas atau datang KPUD. “Jika melalui panwas, masukan yang diterima akan direkomendasikan ke KPUD,” pungkasnya.
Lamanya waktu memberikan masukan? Sejak diumumkannya DCS 26 September, tegas Tirta, KPUD memberikan waktu kepada masyarakat untuk memberikan masukan sampai 31 Oktober mendatang. “KPUD akan langsung menindaklanjuti masukan dengan melakukan penelitian faktual terhadap berkas yang disampaikan caleg yang bersangkutan,” pungkasnya. (33/jpnn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: