AirAsia Resmi Gunakan Airbus A320

RADAR PALEMBANG, PENERBANGAN-AirAsia Indonesia resmi menggunakan Airbus A320, menggantikan armada Boeing 737. Airbus A320 berkapasitas penumpang 180 seat. Terhitung 24 September, baru satu pesawat A320 yang resmi beroperasi di Indonesia, dan baru dilakukan penerbangan domestik dari Jakarta ke Batam, Padang, Balikpapan, danDenpasar.


Dharmadi, Chief Executive Officer (CEO) AirAsia Indonesia mengatakan, AirAsia Indonesia telah memesan 42 unit Airbus A320 dalam 5 tahun ke depan. “Pada 2009 nanti, Airbus A320 akan ekspansi ke berbagai penerbangan domestik di Indonesia, termasuk ke (bandara internasional Sultan Mahmud Badaruddin II) Palembang,” ujarnya kepada Sumatera Ekspres.
Untuk memenuhi rute seluruh Indonesia, lanjut Dharmadi,  pada tahun ini AirAsia segera mendatangkan 4 Airbus A320, dan pada 2009 didatangkan lagi 12 airbus. “Jadi, total 2008 dan 2009 bisa didatangkan 16 airbus dari total 42 pesawat yang dipesan. Itu untuk rute seluruh ibukota provinsi di Indonesia, seperti Palembang, Surabaya, Bali, Kendari, Jogjakarta,” terangnya.
Dalam sesi press conference, Dharmadi juga mengatakan, AirAsia Indonesia yang termasuk dalam Group AirAsia, maskapai penerbangan bertarif rendah terkemuka di Asia, Rabu (24/9) resmi menyambut kedatangan Airbus A320 barunya yang pertama pada peresmian di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta, Indonesia.
Dharmadi juga menceritakan, Airbus A320 baru yang pertama bagi AirAsia Indonesia ini membuat jumlah armada A320 yang saat ini dioperasikan oleh Grup AirAsia (Indonesia AirAsia, Malaysia AirAsia, dan Thai AirAsia) menjadi 50 unit. Grup AirAsia telah memesan sebanyak 175 pesawat A320. Seluruh pesawat A320 akan dioperasikan dengan menggunakan mesin CFM-56-5B dari CFM Internasional. “Pesawat A320 akan menggantikan armada Boeing 737 di seluruh jaringan AirAsia yang mencakup Malaysia, Indonesia, dan Thailand,” bebernya.
Dalam sambutannya di depan para kru AirAsia, undangan dan wartawan di Terminal Haji, Soekarno-Hatta International Airport, Rabu (24/9) mengungkapkan kegembiraannya menyambut kedatangan Airbus A320 yang baru untuk pertama kali di Indonesia.
Turut hadir wakil Dirjen Perhubungan Udara Tri S Sunoko, Kepala Kantor Administrator Bandara Bakti, Dirut PT AP I Darwoto, Dirut PT AP II Edi Haryoto, Kepala Kantor Imigrasi Lukman Hakim, Kepala Kantor Bea Cukai Rahmat Subayo, Kepala Polisi Resort Bandara Kombes Pol Guntur Setianto, dan Lulus Atonga.
Konfigurasi tempat duduk pesawat ini adalah 3-3, lebih banyak 22% dari pesawat lama. Pesawat ini juga hemat 1,7 ton bahan bakar dalam satu kali penerbangan. Daya jangkau 4.800-5.000 km, rute lebih jauh harga tetap lebih hemat. “Kami juga menyediakan makanan hangat di dalam pesawat, pilihan pelayanan Xpress boarding, kru kabin yang ramah dan dapat diandalkan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dalam perjalanan. Kami menjamin para pelanggan akan merasakan pengalaman berbintang 5 dengan biaya murah bersama AirAsia,” terang Dharmadi.
Dia juga mengungkapkan, famili A320 mengoptimalkan potongan kabin melintang, menjadikan A320 sebagai pesawat berkoridor tunggal (single-asile fuselage) terlebar saat ini. “Itu menciptakan standar baru bagi fleksibelitas kabin penumpang pada pesawat di segmen ini. Fitur ini menawarkan tingkat kenyamanan yang tinggi dengan tempat
duduk dan koridor yang lebih lebar atau koridor ekstra lebar yang memungkinkan perputaran balik (turnaround) secara cepat, yang penting bagi penerbangan bertarif rendah,’ terangnya.(05/se/jpnn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: