H-3 Puncak Kepadatan Jalintim-Jalinteng

Mulai Besok Dilalui 20 Ribu Kendaraan

RADAR PALEMBANG,LALIN-Arus lalu lintas di kawasan Jalan Lintas Timur (Jalintim) dan Jalan Tintas Tengah (Jalinteng) diprediksi bakal terjadi peningkatan puncak pada H-3 Idul Fitri. Selain dipengaruhi oleh besarnya arus balik dari luar kota ke Palembang yang baru dimulai besok (Hari ini-red), juga dipengaruhi oleh ketentuan hari libur dan cuti nasional baru dimulai H-2 Lebaran.


Menurut  Kasi Trnasportasi Jalan dan Kereta Api Dinas Perhubungan (Dishub) Sumsel Novri Delimunte, kondisi H-6 ini masih normal. Rata-rata arus lalu lintas hanya mencapai 5.000-10.000 unit mobil per hari dan belum terjadi kenaikan. Selain itu juga sejumlah posko masih tampak sepi dari aduan dan kegiatan padat memantau hilir mudik.
Justru mulai besok (hari ini-red), Dishub mulai siap siaga, karena arus balik dari Jakarta dan daerah lain menuju Palembang mulai, diperkirakan akan masuk ke ruas Jalintim dan Jalinteng adalah Sabtu-Minggu atau H-4 sampai H-3 puncaknya. ’’Makanya hari minggu besok, itu arus bisa meningkat hingga 20.000 unit mobil melintas per hari,’’ungkapnya.
Ini akan terus terjadi hingga H+7 lebaran nanti, langsung diteruskan dengan arus balik.Bahkan untuk pos-pos tertentu, akan dilakukan jadwal piket kartena harus siaga selama 24 jam. Khususnya di perlintasan kereta api, dan daerah rawan longsor seperti Capdin Baturaja, Capdin MURA, MUara Enim dan Lubuk Linggau.
Mulai Sabtu (27/9) besok, seluruh timbangan jalan akan ditutup secara resmi hingga tanggal 9 Oktober baru dibuka kembali. Ini selain untuk mengantisipasi masuknya mobil angkutan barang, juga untuk memperlancar arus mobil penumpang. Sementara waktu seluruh angkutan mobil besar tidak boleh masuk.
Makanya, pihaknya berharap, moment ini bisa dimanfaatkan oleh kendaraan penumpang agar lebih optimal mengendarai kendaraan masing-masing. Perlu diingat, lakukan perintah keamanan berlalu lintas, seperti berhenti istirahat setiap menempuh perjalanan 4 jam sekali.
Hendaknya tidur lebih dahulu, bila terasa mengantuk dan menunda perjalanan sesaat. Bila terjadi hal-hal yang meragukan dengan kondisi kendaraan segera bawa ke posko keamanan agar terhindar dari hal-hal yang tak dinginkan di jalan.
Untuk menjaga keselamanatan selama mengendara kendaraan, bila terjadi merasa badan sakit atau menderita penyakit tertentu, segera kunjungi puskesmas terdekat yang sudah disiagakan selama 24 jam. Dan mintalah perlindungan kepada aparat keamanan setempat, bila ada yang menghadang di jalan, seperti pohon melintang tiba-tiba ataupun benda lain menggangu di jalan. Banyak kejadian, perampokan dan tindak pidana lainya yang sering dilakukan orang tak bertanggungh jawab saat diperjalanan.
Lebih jauh Novri menambahkan, hingga saat ini, pihaknya belum menerima aduan pelanggaran ketentuan pelanggaran dari posko lebaran yang sudah mulai dibuka sejak kemarin. Mulai dari pelanggaran tarif bus, layanan PO terhadap konsumen, hingga pelanggaran hak konsumen lain dalam perjalanan, seperti diturunkan di jalan sebelum sampai ke tempat tujuan. (ayu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: