Mal Tetap Buka di Hari Lebaran

RADAR PALEMBANG, BUKA-Pada hari pertama lebaran nanti, sejumlah mal di Kota Palembang memastikan tetap akan buka. Aktifitas dipastikan tetap berjalan seperti biasa. Mal mulai buka pukul 13.00 WIB, meskipun tentunya tidak seluruh tenant yang ada beroperasional.


Tenant yang buka biasanya didominasi oleh tenant-tenant besar yang memanfaatkan moment spesial ini untuk meraup keuntungan berlipat.
Sama seperti tahun sebelumnya, pada hari pertama Idul Fitri, mal justru padat diserbu pengunjung yang kebanyakan anak-anak dan kelompok remaja. Selain pasar swalayan dan hypermarket, arena bermain juga menjadi tujuan utama.
Para pengunjung biasanya menghabiskan waktu untuk cuci mata ke pusat perbelanjaan dengan membawa ‘uang bekal’ alias uang THR (tunjangan hari raya) atau uang sedekah yang didapatkan dari sanak keluarga saat bersilaturahmi di hari lebaran.
Misalnya saja Carrefour yang berlokasi di Palembang Square Mal. Pasar ritel raksasa asal Perancis ini juga buka mulai pukul 13.00 WIB. “Untuk tahun ini sama seperti tahun sebelumnya, di hari pertama lebaran kita buka tapi agak siangan. Karena kita memberikan waktu atau toleransi kepada karyawan untuk bersilahturahmi dahulu ke keluarga,’’ kata Koordinator Customer Service Carrefour, Nur Fitri Mufti kepada koran ini.
“Jam satu siang kita sudah buka untuk umum dan tutup seperti hari biasa jam sepuluh malam dan hari-hari berikutnya aktivitas toko berjalan normal kembali,” lanjut  Nur Fitri.
Target lebaran tahun ini, masih menurut Fitri, Carrefour optimis bisa tercapai karena ramainya pengunjung dengan transaksi yang terus merangkak naik dan tembus milyaran rupiah per hari.
“Lonjakan pengunjung sudah mulai terasa pada akhir pekan tadi. Karena, momennya belanja untuk memenuhi kebutuhan lebaran, kan banyak yang sudah terima THR. Apalagi dalam sepekan ini, sangat padat sekali dan diperkirakan terus berlangsung hingga akhir bulan nanti. Areal fresh dan grosseri serta peralatan rumah tangga paling ramai termasuk perlengkapan salat serta pakaian juga banyak diborong customer,”sambungnya ramah didampingi Loss Prevention Manager, Lamedren.
Untuk memanjakan konsumen yang memenuhi kebutuhan lebaran, Carrefour menambah jam operasional toko dan tutup hingga pukul 24.00 WIB.
“Untuk memberikan waktu lebih banyak lagi supaya pelanggan tidak tergesa-gesa dan bisa memenuhi kebutuhan lebaran, selama tiga hari mulai 27,28 dan 29 September kita buka hingga tengah malam dengan penawaran harga-harga lebih murah dan lebih lengkap tentunya. Kasir juga akan ditambah supaya antrian tidak terlalu panjang dan konsumen tidak sampai berjam-jam menunggu antrian. Ini tidak lain bentuk dari pelayanan dan kenyamanan konsumen dalam berbelanja,”terangnya lagi.
Selain Carrefour, toko lainnya seperti Hypermart yang berlokasi di Palembang Indah Mall juga buka pada lebaran pertama mulai pukul 12.00 WIB. Sebagaimana ditegaskan oleh Manager Promotion PIM, Arvan Zulhandi ketika dikonfirmasi tadi malam.
“Sekitar 90 persen tenant akan buka pada lebaran pertama nanti, mulai pukul 12.00 WIB. Tenant yang buka ini memang rata-rata didominasi oleh tenant-tenant yang besar seperti Hypermart yang dalam beberapa hari ini buka hingga tengah malam 29 September nanti yang mulai terlihat ramai diserbu pengunjung yang berbelanja memenuhi kebutuhan lebaran tidak hanya makanan dan minuman serta kue-kue lebaran tetapi juga pakaian,”kata Arvan dihubungi via ponsel.
Bagaimana dengan JM Group yang merupakan ritel lokal namun tetap eksis dan menjadi pilihan ? General Affair Senior Manager, Gotti Situmorang menerangkan, untuk JM Group hadir menemui pelanggan setia pada lebaran kedua, Kamis (2/10) siang. “Hari pertama lebaran semua outlet tutup, untuk menghormati karyawan kita yang muslim untuk berlebaran dulu. Di hari kedua Idul Fitri, baru kita buka. Tapi ada beberapa outlet yang belum buka seperti Pasaraya Bandung dan Toserba Gaya Baru, sedangkan tiga outlet lainnya tetap buka mulai pukul 11.00 WIB yaitu Pasaraya JM, Grand JM dan JM Kenten. Kemudian di hari ketiga, semua outlet JM Group buka semua untuk memenuhi semua kebutuhan anda,”jelas Gotti dibincangi koran ini di sela-sela acara pengundian Gebyar TV LCD JM Grup di lantai satu JM Kenten, kemarin. (yen)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: