Pengemis Nginap di Masjid

RADAR PELEMBANG, PRABUMULIH – Ajang melakukan kebaikan di bulan Ramadan, dimanfaatkan anak jalanan (anjal) dan pengemis. Seperti yang terlihat di halaman Masjid Agung Nur Arafah Jl Jend Sudirman Kota Prabumulih.


Belasan pengemis berkumpul menunggu jemaah masjid yang selesai menjelankan ibadah Shalat Jumat.  Mereka berjejen dan terlihat rapi duduk di halaman masjid seraya mengangkat tangan tanda minta sedekah.
“Assalamualaikum, beri sedekah Pak.” Begitu sapa mereka.
Masdianah (54),  warga sekitar Komleks RSUD Prabumulih yang telah 2 tahun menjadi pengemis mengaku, terpaksa mengemis karena tak ada pekerjaan lain. “Saya janda dan tidak memiliki anak dari pernikahan dengan suami yang telah meningal,” ujarnya.
Ditambahkanya Masdianah, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dirinya bekerja sebagai tukang pijat yang sering kali dimintai jasanya oleh warga sekitar rumah. “Saya mengemis hanya pada hari Jumat yaitu di depan halaman masjid Nur Arafah.Ppada hari itu banyak jemaah yang akan memberikan sedekah dan pendapatan yang diperoleh dari mengemis bervariasi yaitu rata-rata berkisar Rp 20 ribu dalam seharinya dan saat Ramadan bisa mencapai Rp 70 ribu,” beber dia.
Lain halnya keterangan Wardiah (66) yang mengemis selalu berpindah-pindah tempat. “Ridak ada yang bisa dilakukan dengan umur yang sudah tua renta ini selain mengemis dan perasaan malu serta sedih juga menyelimuti,” akunya.
Beberapa waktu lalu, Walikota Prabumulih H Rachman Djalili pernah menegaskan akan mengambil tindakan dalam menertibkan anjal dan pengemis di bulan Ramadan. Namun sampai saat ini janji tersebut belum juga terealisasi sehingga masih terlihat para anjal dan pengemis yang bebas berkeliaran di seputar Kota Prabumulih. (far)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: