Persiapan Haji Sumsel Capai 80 Persen

RADAR PALEMBANG,HAJI-Pelaksanaan musim haji 1429 H tahun ini di embaraksi Palembang dipastikan bakal berlangsung mulus. HIngga saat ini pihak panitia penyelenggaran haji memastikan persiapan telah mencapai 80 persen. Sedangkan persiapan lain yang belum fix seperti ketersediaan air, pagar asrama dan bus, diminta kesiapan pemerintah provinsi memback up secara penuh.


Begitu kata Kepala Kantor Wilayah Depag Sumsel Malan Abdullah didampingi langsung Kepala Haji dan Umroh PIH Palembang H Zakaria di sela-sela gelar rapat koordinasi persiapan haji, kemarin. Untuk sementara waktu semua persiapan berjalan lancar. Mulai penfatrana BPIH, pembuatan paspor yang masih berlangsung dan juga persiapan koordinasi tim satuan masing-masing.
Bahkan, untuk persiapan catering hingga saat ini  sudah fix, tingga melaksanakan tendernya saja. Seperti biasa, caterring haji memiliki spesifikasi tertentu. Seluruh makanan harus dilakukan oleh para dokter khusus sebelum dihidangkan kepada para Jemaah Calon Haji (JCH). Begitupun takaran menu hingga kandungan gizi dan kalorinya, sudah diukur dan ditentukan oleh ahli gizi.
Karena saat JCH dijadwalkan memasuki asrama (4/11) menginap sebelum diberangkatkan (5/11) nanti, tak ada yang boleh membawa makanan dari luar, kecuali snack dan makan yang sudah disediakan oleh catering haji khusus. ’’Ini diwajibkan, untuk menjaga kondisi jemaah haji, agar tak terserang penyakit secara mendadak karena makan sembarangan,’’jelasnya.
Sementara itu persiapan lainya, seperti kamar asrama, tahun ini akan tetap menggunakan asrama lama. Sementara untuk asrama baru yang sedang dibangui\n, meskipun untuk gedung B telah selesai, namun belum layak digunakan tahun ini. Begitupun dengan penambahan landasan pacu yang ada menjadi 2.500meter belum bisa digunakan, karena belum dipasang Instrument Landing  System (ILS).
Sekretaris Daerah Sumsel Musyrif Swardi menyanggupi bakal melakukan pembenahan untuk hal-hal dibutuhkan. “Kita akan tinjau ke lapangan nanti, bagaimana kondisi terakhir sebenarnya. Baik asrama, transportasi, air hingga pagar. SElanjutnya dilaporkan kepada bapak gubernur Sumsel,”ungkapnya. Diharapkan bisa dilakukan tindak lanjut pembenahan kebijakan sebelum jadwal masuk asrama JCH mulai.”Insya allah Oktober selesai semua,”ungkapnya.(ayu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: