RSUD Siapkan Pelayanan 24 Jam

RADAR PALEMBANG, MUARA ENIM – Dalam meningkatkan pelayanan terhadap pasien rawat inap dan rawat jalan saat hari raya Idul Fitri 1429 H mendatang, pihak Rumah Sakit HM Rabain akan tetap melayani pasien yang ingin berobat bahkan rencananya pihak rumah sakit sendiri akan meningkatkan kualitas pelayanan, sementara untuk kebutuhan tenaga dokter selama lebaran pihak rumah sakit akan menerapkan sistem dokter panggilan yang bekerja selama 24 jam.


“Memang kita belum melakukan penambahan jumlah tempat tidur maupun kamar, hanya saja kita menerapkan system on call yakni dokter yang harus siap selama 24 jam dalam memberikan pelayanan kesehatan,“ tegas Direktur RSUD HM Rabain Yan Riyadi, kemarin.
Menurutnya, seperti tahun-tahun sebelumnya menjelang perayaan hari raya porsi rawat inap di rumah sakit mengalami peningkatan, akan tetapi kondisi tersebut masih dapat ditanggulangi. Walaupun begitu, ia belum bisa memastikan hal ini akan berjalan dengan baik seperti tahun sebelumnya, Pihaknya sendiri akan merujuk pasien yang tak mampu lagi ditanggulangi oleh pihak rumah sakit ke ke Rumah Sakit di Kota Palembang.
“Ada dua bagian yang akan tetap buka seperti biasa, yakni Poliklinik dan Bagian Spesialis Penyakit Dalam. Dua bagian ini akan selalu siap siaga di ruangan Instalasi gawat darurat kami. Selain itu, pertimbangan kita, biasanya kasus yang sering diterima biasanya adalah korban kecelakaan lalulintas yang selalu ada setiap masa lebaran tiba,“ katanya.
Sementara untuk petugas jaga sendiri dikedua bagian tersebut, ia melanjutkan akan dilakukan pembagian secara shif tugas yakni malam dan pagi. Serta setiap shift akan ditempatkan seorang dokter jaga dan dokter spesialis di Instalasi Gawat Darurat (IRD). Selain di rumah sakit, pihaknya juga turut ambil bagian dalam penempatan pos pengamanan di bebeberapa titik pos yang tersebar di seluruh kabupaten Muara Enim untuk melayani bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan selama di perjalanan.
“Kita sudah berkoordinasi dengan jajaran terkait untuk terlibat di dalam pos pengamanan tersebut. Untuk masing-masing pos sudah kita tempatkan dua hingga tiga orang tenaga kesehatan dan medis yang selalu standby untuk membantu para pemudik yang akan berlebaran di kampung halaman selama di perjalanan, sementara untuk yang lain mulai dari distribusi obat, tenaga medis, logistik hingga pengawasan dan pemberian pelayanan sudah kita persiapkan dan akan kita berikan secara maksimal kepada masyarakat, “tukas ia.
Hal senada juga diungkapkan Direktur RSUD Talang Ubi Type D Muzakir, ia sendiri mengatakan walaupun seluruh pelayanan kesehatan lebih difokuskan ke RSUD HM Rabain, namun tidak menutup kemungkinan rumah sakit yang dipimpinnya juga membantu persediaan distribusi obat-obatan. (yan)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: