Aktivitas Arus Mudik di Tiap Moda Transportasi (3)

Kursi Cadanganpun Jadi Rebutan

Selain angkutan udara dan angkutan laut, kepadatan arus mudik juga terjadi pada angkutan darat. Bahkan beberapa perusahaan jasa angkutan terpaksa harus menambah armada untuk memenuhi lonjakan penumpang. Berikut gambarannya.

Iriansyah.b- palembang


Memasuki H-3 lebaran, suasana terminal penumpang mulai dibanjir pemudik. Tidak terkecuali terminal Krya Jya Palembang. Sejak pagi hari terminal antar kota antar provinsi dan antar kota dalam propinsi  tersebut sudah dibanjiri calon penumpang.

Bangku yang disediakan pihak loket sepertinya tidak bisa menampung jumlah penumpang yang terus membludak. Kondisi tersebut diperparah dengan banyaknya jumlah kendaraan pengantar yang turut parkir di sekitar loket serta jejeran pedagang asongan dan kaki lima.

Sementara itu, diatas bus beberapa pegawai loket sibuk menyusun barang bawaan penumpang yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan hari biasanya. ’’Memang kalau lebaran seperti ini, barang bawaan biasanya lebih banyak dari biasanya, mungkin untuk oleh-oleh,’’ ujar bambang salah seorang karyawan loket Palembang-Pagar alam.

Dijelaskannya, menjelang lebaran jumlah penumpang bisa dua kalilipat dari kondisi normal. Untuk itu beberpa perusahan jasa terpaksa memperbanyak armada. Jika biasanya hanya satu atau dua bus sekali berangkat, maka lebaran ini bisa empat bus. Untuk tiket sejak beberapa hari lalu  sudah habis terjual.

’’Kebanyakan penumpang sudah tahu, sehingga jauh-jauh hari mereka sudah memesan, kalau tidak demikian mereka harus rela duduk dibangku x atau cadangan, bahkan terkadang sampai ada yang rebitan,”ujarnya.

Beberapa penumpang yang sempat ditemui koran ini mengaku terpaksa harus duduk dibangku cadangan, karena tidak memesan tiket. Mereka beralasan, lebih baik duduk dibangku cadangan daripada tidak bisa pulang sama sekali. ”Daripada dak bisa pulang,” ujar pria yang mengaku bernama arwin.

Kondisi yang sama juga terjadi untuk angkutan travel, seperti dituturkan iwan salah seorang karyawan travel telaga biru. Menurutnya sejak H-7 lalu, tiket kepulangan sudah habis terjual, padahal pihaknya sudah melakukan penambahan armada.   Dijelaskannya, setiap hari armada yang diturunkan sebanyak 4 unit. ”Sebenarnya bisa lebih dari itu kalau armada kita mencukupi,”tegasnya. Untuk tiket memang ada kenaikan, jika biasanya Rp 80 ribu maka sekarang Rp 90 ribu.

Selain angkutan antar kota dalam provinsi, angkutan antar kota antar provinsi juga mengalami lonjakan. Seperti yang terjadi pada PO Ramayana jurusan Palembang-Yogyakarta. Bahkan sejak H-10 lebaran tiket sudah habis terjual.

Pimpinan PO Ramayana Aan menjelaskan sejak beberapa waktu lalu jumlah pemesanan tiket bus terus mengalami peningkatan. Bahkan untuk perjalanan mulai dari H-10 semuanya sudah habis terjual. ’’Permintaan cukup tinggi, untuk tiket sejak H-10 sudah habis, ’’ tegasnya kepada koran ini kemarin.

Dijelaskannya, setiap hari pihaknya memberangkatan 5 bus dengan tujuan Semarang, Solo, Bandung dan Yogyakarta. Nah terkait dengan masih tingginya permintaan masyarakat akan tiket ini pihaknya terpaksa melakukan penambahan armada. ’’Jika biasanya lima bus, maka untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kita akan menambah satu unit armada lagi,’’ terangnya.

Masih kata Aan, untuk harga tiket memang ada sedikit kenaikan namun tetap mengacu pada aturan yang ada. Untuk Palembang-Bandung dipatok dengan harga Rp 245 ribuaan, sedangkan untuk Palembang- Yogya, Rp 367 ribu. Lebih lanjut Aan menambahkan tiket-tiket yang dipesan tersebut sebagian besar sudah dibayar oleh calon penumpang. ”Artinya tidak hanya sekedar pesan, tetapi memang sudah dibayar lunas,  ”terangnya.

Sejak pemesanan memang pihaknya mengharuskan ada semacam jaminan untuk menghindari kerugian. Karena kalau hanya berdasarkan kepercayaan saja, bisa menimbulkan kerugian. ” Kalau yang pesan tidak jadi, kita kan bisa rugi, makanya kita mewajibkan uang jaminan atau dp, ” ujarnya. Dibandingkan dengan lebaran tahun lalu, Aan mengaku jauh berbeda. Jika dulu hanya tiga bus, maka sekarang sudah mencapai 5 bahkan hampir 6 unit.(*)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: