Dekati Lebaran Investor Dolar Profit Taking

RADAR PALEMBANG, DOLAR-Pasar investasi makin dekati libur panjang lebaran mulai ditinggalkan investor termasuk pula perdagangan valuta asing. Sejumlah investor merealisasikan keuntungan dengan melakukan aksi jual, namun posisi rupiah sejauh ini masih bisa terjaga.

Tak hanya transaksi saham yang libur panjang terhitung 30 September hingga 6 Oktober mendatang, melainkan pula transaksi dolar. Libur panjang selama hampir satu minggu itu dianggap bukan saat yang tepat untuk menyimpan dolar. Apalagi fluktuasi rupiah terhadap dolar dipengaruhi oleh kondisi global.

’’Jadi sejak beberapa hari terakhir sebagian investor sudah menjual dolarnya, dari transaksi perhari USD 600 ribu, volume penjualan bisa mencapai USD 200 ribu. Mereka tidak mau ambil resiko sebab fluktuasi dolar-rupiah sangat cepat,’’kata Bagian Valas Bank Mega A Rivai, Ariandi, kemarin.

Disamping itu, saat ini investor masih menunggu keluarnya keputusan kongres AS menyangkut usulan penyelamatan lembaga keuangan yang kini tengah alami krisis. Kemungkinannya, usulan tersebut akan disetujui sehingga krisis ekonomi negara tersebut dapat teratasi.

Hal itu akan berimbas kepada ekonomi dalam negeri. Apabila ekonomi AS terganggu, volume ekspor Indonesia ke negara tersebut juga bisa terbengkalai, sejauh ini ekspor ke AS mencapai 25 persen dari total ekspor negara ini. Bila ini terjadi rupiah berkemungkinan melemah.

Sembari menanti realisasi keputusan tersebut, untuk sementara investor lakukan profit taking terlebih dulu. Posisi perdagangan kemarin, rupiah berada diposisi Rp 9.385 atau sedikit menguat di posisi pagi hari Rp 9.327 perdolar. Bila dibandingkan dua hari sebelumnya, rupiah menguat 50 poin.

Diprediksi Ariandi, sampai perdagangan seminggu kedepan (selama libur labaran), market potensial turun lagi. Indikasi ke arah itu sangat kuat. Terutama apabila kongkres tetap bertahan tidak menyetujui usul penyelamatan lembaga keuangan AS senilai USD 700 miliar.(ade)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: