Pertamina Jamin Stok BBM Aman


RADAR PALEMBANG, JAMINAN- PT Pertamina Unit Pemasaran dan Niaga Sumbagsel telah melaksanakan skenario dan strategi untuk mengamankan stok dan suplai BBM di wilayah Sumbagsel dalam menyambut lonjakan permintaan pada perayaan Idul Fitri kali ini.

Pihak Pertamina bahkan memberikan jaminan ketersediaan BBM bagi masyarakat pengguna transportasi darat yang akan mudik lebaran mulai dari H-7 sampai dengan arus balik setelah lebaran H+7.

Menurut External Relation UPMS II, Roberth MVD, sesuai komitmennya, Pertamina telah melakukan Built Up Stock BBM minimal 90 persen di Depot Pertamina sepanjang Jalur Lintas Sumatera di wilayah Sumbagsel yaitu Jambi, Sumsel, dan Lampung. Built Up Stock ini didukung dengan penambahan jumlah kapal (tanker/tongkang) pengangkut BBM yang mensuplai SeaFed Depot (depot yang supali bbmnya dilakukan melalui laut atau kapal).

“Untuk mengangkut BBM ke Jambi disediakan 8 kapal dengan kapasitas rata-rata 3000 KL dan ke Lampung dengan 2 kapal tanker kapasitas 20000 KL. Sedangkan untuk Sumsel menggunakan pipanisasi tanpa terkendala arus laut ataupun pasang surut perairan,’’ jelas Roberth.

Untuk kebutuhan rata-rata Jambi, urai Robert, per hari sekitar 600 KL premium, dan 750 KL solar dengan estimasi kenaikan sekitar 15 persen dalam masa H-7 sampai H+7. Sedangkan Sumsel perhari sekitar 1.650 KL premium, 1.200 KL solar dengan potensi kenaikan 15 persen.

”Sementara Lampung rata-rata per hari 1.500 KL premium, 1.000 KL solar dengan prediksi kenaikan terbesar sampai 30 persen karena lokasi yang menghubungkan antara Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Tentu saja schedule kapal juga ditetapkan untuk dapat mensuplai kebutuhan tersebut agar diharapkan tidak terjadi kelangkaan BBM,’’ tandas Robert.

Selanjutnya, pihak Pertamina UPMS II pun telan mempersiapkan SPBU Pantauan dan SPBU Kantong. Dari sisi retail, BBM dalam hal ini operasional SPBU, Pertamina juga menjamin ketersediaan BBM di SPBU dengan beberapa mekanisme kontrol.

yakni, papar Roberth, pertama dengan membentuk Satgas BBM dari H-7 sampai H+7 yang akan memantau stok dan suplai BBM di wilayah Sumbagsel terutama suplai ke SPBU. Kedua dengan menetapkan beberapa SPBU Pantauan yang lokasinya berada di jalur lintas Sumatera, SPBU Pantauan adalah SPBU yang berada di jalur mudik dan arus balik (lokasi strategis) yang dianggap berpotensi mengalami peningkatan konsumsi BBM cukup besar.

Untuk wilayah Sumbagsel ditetapkan sebanyak 29 SPBU Pantauan Pertamina yaitu 8 SPBU di Sumsel, 9 SPBU di Lampung, 6 SPBU di Jambi, dan 6 SPBU di Bengkulu. Ketiga adalah dengan membuat SPBU Kantong, yaitu menempatkan mobil tanki kapasitas 15 KL yang sewaktu-waktu dapat diberangkatkan untuk mensuplai SPBU yang mengalami sok kritis BBM.

Ada 2 titik yang dijadikan SPBU kantong yaitu di Bakauheni dan di Kalianda Lampung. Untuk SPBU yang lain masih dapat langsung disuplai dari Depot Pertamina Lampung ataupun Depot Pertamina yang lain.

Masih kata Roberth, Pertamina Pemasaran & Niaga Sumbagsel berusaha semaksimal mungkin untuk menjamin ketersediaan BBM di wilayah kerjanya sebagai wujud profesionalitas dan tanggung jawab baik kepada masyarakat dan pemerintah dalam rangka melancarkan dan memeberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik agar dapat menjalani kebiasaan merayakan lebaran dengan mudik tanpa rasa khawatir akan kesulitan mendapatkan BBM.

Sementara, pengawas SPBU 2430114 yang terletak di jalan Jenderal Sudirman KM 4,5 ini, Rizal mengungkapkan, saat ini pihaknya telah menambahkan stok BBM sebanyak 25 persen dari biasanya hingga saat lebaran nanti.

Hal ini dilakukan mengingat perminataan masyarakat yang sudah cukup lumayan meningkat dari hari biasanya. biasanya rata-rata penjualan perhari sebanyak 20 hingga 22 ton perhari untuk saat ini sudah bertambah menjadi 25 ton perhari. Dengan rincian untuk Premium sebanyak 17 Ton perhari dan Solar sebanyak 5 Ton perhari, “ungkapnya.

“Selain itu, pun disaat lebaran nanti kita pun tetap buka seperti hari biasanya bahkan tetap 24 jam, selain itupun pihaknya akan menambah operator untuk mengatasi antrian pembeli disaat malam lebaran dan juga lebaran nanti,’’ tegas Rijal.

Sementara, pengawas SPBU 2430222 yang terletak di jalan Jenderal Ahmad Yani, Yulius mengungkapkan, dalam rangka menyambut Lebaran Idul Fitri nanti pihaknya tidak ada persiapan khusus. Karena, sejauh ini stok BBM yang ada cukup terkendali untuk mengtasi permintaan konsumen.

“Sejauh ini di daerah ini tidak telalu ramai jika dibandingkan SPBU lainnya yang terlatak di tengah kota. tetapi walaupun demikan SPBU ini tetap buka disaat lebaran nanti, “ungkapnya. (iya)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: