Petugas Medis Siaga Lebaran

RADAR PALEMBANG, KESEHATAN-Rumah sakit tetap memberikan pelayanan umum kepada masyarakat di hari lebaran. Petugas medis disiagakan di bagian emergency atau unit gawat darurat. Penambahan jumlah dokter dan perawat dilakukan sebagai antisipasi terjadinya lonjakan pasien dengan sistem shift atau per tim. Baik itu untuk menangani kecelakaan lalu lintas maupun penyakit dengan jumlah kasus yang biasanya meningkat.


Siaga lebaran ini diberlakukan hampir di seluruh rumah sakit di sini, baik itu rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit swasta. Misalnya Rumah Sakit Mohammad Hoesin (RSMH) Palembang, RSI Siti Khodijah dan RK RS Charitas. Bagi petugas yang bertugas di hari pertama lebaran tentunya akan mendapatkan kompensasi dari masing-masing kebijakan direksi rumah sakit dimana ia bekerja, baik itu mengenai uang lembur maupun hari libur yang akan didapatkan setelah turun piket.
Seperti RSMH Palembang. Di hari lebaran, unit gawat darurat tetap siaga dengan penambahan jumlah personil petugas medis yang bertugas dengan sistem tim. Dibuat dua tim yaitu tim yang menangani kasus-kasus emergency dan kemudian tim yang melayani pasien Poliklinik. Hal ini diterangkan Direktur Utama RSMH Palembang, dr Bayu SpOG didampingi Direktur Medis dan Perawatan, dr H Yamin Alsoph SpB (K).ONH kepada koran ini kemarin.
‘’Unit Gawat Darurat tetap akan melayani pasien, meskipun lebaran tapi kita tetap siaga dengan jumlah petugas medis yang selalu stand bye. Ada dua tim yang dibentuk, yaitu tim khusus emergency untuk kejadian-kejadian darurat dan satunya lagi adalah tim medis yang melayani pasien poliklinik.
Karena selama cuti bersama, poliklinik tutup dan baru buka kembali pada Senin 6 Oktober. Jadi bagi pasien Poliklinik yang mau berobat di tenggang masa cuti bersama bisa langsung mendatangi bagian unit gawat darurat, karena kita sudah menyiapkan tim medisnya yang terdiri dari 1 dokter dan dua orang perawat. Pelayanan tetap nomer satu dan siaga penuh,”jelas Yamin.
Bagaimana dengan pasien akseskin atau jamkesmas ? Masih dijelaskan Yamin, untuk pasien ini juga bisa berobat di emergency asalkan sesuai prosedur. ‘’Pelayanan untuk siapa saja terbuka, baik itu umum maupun jamkesmas,’’katanya lagi. (yen)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: