Sembako Aman Untuk Dua Bulan

RADAR PALEMBANG, SEMBAKO  –  Masyarakat tak perlu cemas akan ketersediaan sembako menjelang Lebaran tahun ini. Pasalnya sampai saat ini ketersediaan beras, gula, terigu, minyak sayur dan daging cukup,  sehingga bisa memenuhi kebutuhan warga Palembang hingga dua bulan kedepan atau sampai  akhir tahun.


’’Dampak dari cukupnya stok harga beberapa sembako tersebut stabil dan  tidak mengalami kenaikan yang berarti,’’kata Wantjik Badarudin Kadis Perindagkop Kota Palembang  melalui   Yustianus, Kasubdin Perdagangan saat paparan di dinas Inforkom, kemarin.
Khusus untuk harga sembako, gula dan minyak goreng dibulan Ramadan ini  harganya mengalami penurun penyebabnya tidak lain banyaknya stok di gudang-gudang distributor.
’’Ini yang membuat yang lega pada Ramadan dan Idul Fitri kali ini, beda dengan Ramadan dan Idul Fitri sebelum-sebelumnya,’’terang Yustianus seraya mengatakan bahwa untuk didistributor saja jumlah beras mencapai 28 ribu ton belum termasuk jumlah di  yang bulognya mencapai 40 ribu ton dan di pedagang jumlah mencapai 10 ribu ton.
Sementara itu beberapa pengusaha beras dan gula beberapa waktu lalu mengaku bahwa untuk stok beras dan gula cukup untuk memenuhi kebutuhan warga kota Palembang sampai dengan akhir tahun. Ayung  distributor beras Selancar dan gula dari PD Piramid Sembada mengaku digudangnya stock beras dan gula masih bisa kebutuhan warga kota Palembang sampai dengan akhir tahun.
’’Untuk Beras sekitar 4000 ton sedangkan gula cukup banyak makanya saya rasa cukup untuk kebutuhan wong Palembang selama dua bulan ke depan,  sebab selain merek kita baik itu beras dan gula masih ada juga beras dan gula merek lain termasuk stock Dolog,’’ucapnya.
Soal kenaikan harga, sambung Ayung, masih dalam batas normal karena faktor-faktor penyebab bakal naiknya harga sembako tidak ada. ’’Jadi saya rasa untuk sembako di Palembang asih tetap normal tidak ada kenaikan yang significan,’’ujarnya.
Senada juga diungkapkan oleh  Ahok  dari CV Karya Jaya Mandiri distributor beras ikan Sepat yang mengaku stok gula dan beras cukup lumayan dalam memenuhi kebutuhan warga Palembang.’’Beras 800 ton dan gula 50 ton, jumlah ini bisa ditambah sesuai kebutuhan warga kota,’’ucapnya.
Bagaimana dengan harga daging dan ayam? Menurut Wantjik harganya memang mengalami peningkatan namun pihaknya menargetkan harganya paling tinggi adalah Rp 70 ribu untuk daging dan 30 ribu untuk ayam.(sep)

Kebutuhan Sembako di Palembang

Beras                 15.400 ton/bulan
Gula                  1.398     ton/ bulan
Terigu                 392 ton/bulan
Minyak Goreng          1.106 liter/bulan
Daging                  798 ton/ bulan

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: