SULIT BICARA

Dokter, anak saya perempuan berusia 3 tahun. Saya khawatir dengan cara berbicaranya. Apa yang diucapkannya sering tidak dapat dimengerti. Tapi kalau diajak bicara dia kelihatannya mengerti. Ia sudah pernah saya bawa berobat beberapa bulan lalu, tapi belum ada perkembangan Apakah anak saya nanti bisa tumbuh dan berkembang seperti anak lain ? Terima kasih.

Ny Fitri – Palembang

Ny Fitri, perkembangan bicara seorang anak dengan anak yang lain bisa berbeda-beda. Akan tetapi, tetap ada patokan kemampuan perkembangan bahasa seorang anak yang harus dicapainya dalam usia tertentu. Untuk anak Ibu, saya sarankan sebaiknya kita evaluasi bagaimana tingkat perkembangannya secara keseluruhan, terutama bahasa atau bicaranya. Dalam hal ini ada pemeriksaan dan tes yang khusus dan sebaiknya Ibu bawa ke dokter anak terdekat atau khusus ke poliklinik Tumbuh Kembang Rumah Sakit terdekat.

Gangguan atau keterlambatan perkembangan bicara pada seorang anak banyak faktor penyebabnya yang dapat saling mempengaruhi. Seperti gangguan pada organ tubuh, pendengaran, mulut, syaraf, faktor lingkungan, emosi psikologis dan sebagainya. Oleh karena itu, untuk mengatasinya penting diketahui penyebabnya sehingga penanganannya tepat dan optimal.

Deteksi dan penanganan pada problem bicara atau bahasa pada anak secara dini, sangat membantu anak untuk menghindari/memperkecil kelainan pada masa sekolah nanti.. Jadi apakah anak Ibu kemampuan bicaranya bisa seperti anak lainnya tergantung dengan tingkat gangguan perkembangan bicara atau kelainan yang didapat dan respon dari penatalaksanaan yang diberikan.(*)

____________

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: