650 Caleg Gugur

RADAR PALEMBANG, DAFTAR – Memasuki akhir waktu, dua kubu DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumsel melakukan islah atau damai. Sebagai konsekwensinya, maka kedua kubu berbagi caleg (baca; kocok ulang).

Kepastian islah ini disampaikan Ketua KPU Sumsel Syafitri Irwan atau yang biasa disapa Iwan. ”Untuk partai yang berpengurusan ganda, tidak ada persoalan lagi. Khususnya terhadap dua kepengurusan PKB. Dengan demikian nantinya kami akan mengumumkan caleg dari 38 partai politik,” tegasnya.

Untuk PKB, sambung Iwan, kedua belah pihak (Sangi dan Imran) sudah menyatakan damai. ”Saya kemarin (Minggu, red) mendapat telepon dari PKB yang mengatakan kalau mereka islah. Nah, hari ini (kemarin) mereka ke sini untuk mengabarkan islah tersebut,” tegasnya.

Dengan adanya islah, sesuai dengan kesepakatan internal, kata Iwan, maka kedua kubu bersepakat berbagi caleg. Ada daerah-daerah tertentu yang diubah dengan memasukan nama dari kedua kubu. Misalnya di Palembang dan OKU Selatan, dilakukan susun ulang berbagi caleg.

”Kalau komposisinya secara persis saya tidak tahu.. Saya merespons ini dengan sangat baik. Sebab kalau persoalan ini tidak selesai maka kami tidak akan mengumumkan PKB,” tukasnya.

Terkait dengan daftar calon sementara (DCS) disampaikan, meski menggelar pleno hari ini (kemarin, red) pihaknya masih menunda pengumuman DCS. Iwan mengaku tidak ada persoalan, hanya masalah teknis. Rencananya DCS akan diumumkan Selasa (6/10).

Bagaimana dengan hasil verifikasi? Dari 2.000 orang yang mendaftarakan diri, hampir 35 persen dinyatakan gugur atau hampir 1.350 caleg yang memasuki tahapan berikutnya.

”Mereka yang tidak lulus itu dengan berbagai alasan. Ada yang tidak bisa melengkapi ijazah, ada yang tidak ada SKCK. Bahkan ada yang saat mendaftarkan hanya menyerahkan nama saja, namun tidak ada kelengkapan sama sekali,” ungkapnya.

Saat ditanya kalau ada yang protes, Iwan berkeyakinan ini tidak terjadi. ”Saya pikir mereka sadar dirilah. Apalagi yang tidak lolos itu nomor urut besar. Mungkin mereka pelengkap saja,” imbuhnya.

Menyinggung keterwakilan caleg perempuan, Iwan mengaku tidak akan membuat daftar khusus terhadap parpol yang tidak memenuhi kuota 30 persen. (rul)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: