Buruh Asal Kalimantan Bernafas Lega

RADAR PALEMBANG, LAHAT– Akhirnya 55 tenaga kerja asal Kabupaten Sambas Kalimantan Barat, yang hampir seminggu telantar di Lahat  bisa bernafas lega. Pasalnya, kemarin (6/10) mereka  dikembalikan ke PT PAJ yang beralamat di Jl Lintas kawasan Nero PT Tel Kabupaten Muaraenim selaku pihak yang merekrut untuk bekerja di CV Mandiri Lestari.


Berdasarkan pantauan RADAR PALEMBANG sebelumnya, setelah menginap dua hari di kantor Polres dan tiga hari tiga malam dengan tenda darurat di depan halaman Dinas Kesejahteraan Sosial (Dinkessos). Sebagian dari mereka tertegun dan tertunduk lesu memikirkan nasib mereka.
Dipaparkan Kadinkessos Rechnawaty melalui Kabid Pengendalian Pelayanan Rehabilitasi Sosial (PPRS) H Sumardi Yusuf, rencana awal mereka akan dikembalikan ke daerah asalnya.
“Namun, hasil mufakat antara Kadinkessos, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, melibatkan perwakilan PT PAJ, serta perwakilan rombongan sejak pagi hingga sore ini,” terang dia.
Jauh sebelumnya, mendengar informasi telantarnya 55 tenaga kerja asal Kalbar beberapa waktu lalu ini juga sempat mengejutkan pihak Pemerintahan Kabupaten Lahat.
Sebenarnya, telah dikonsultasikan untuk dicarikan solusi jalan terbaiknya dengan Bupati lahat melalui Pak Sekda, tambah dia.
“Ya, setidaknya dicarikan yang terbaik bagi mereka jangan sampai ditelantarkan begitu saja dan jangan sampai penyalahi mekanisme aturannya,” ujarnya.
Kemudian, berdasarkan hasil mufakat maka akan dikembalikan kepada pihak yang merekrut 55 orang tersebut yaitu PT PAJ.
Langkah ini dinilai cukup tepat, pasalnya PT PAJ selaku pihak yang menyambut kedatangan mereka di Pelabuhan Boom Baru Palembang dari Kalbar. Selanjutnya, mereka langsung dibawa ke lokasi tempat kerja CV Mandiri Lestari.
“Setidaknya, merekalah yang bertanggung jawab terhadap keberadaan dan status mereka sebagai tenaga kerja jangan sampai demikian,” terangnya.
Disela perbincangan, Sumardi juga menyampaikan bahwa Kadinkessos tidak memiliki kewenangan mencampuri lebih jauh masalah terlantarnya tenaga kerja ini.
Telantar tenaga kerja ini juga menjadi bagian masalah sosial tambah dia sekali lagi. Selanjutnya, bentuk perhatian Pemda telah menyiapkan dua unit armada Bus Pemda untuk dikembalikan ke PT PAJ.
“Selanjutnya setiba di sana nanti, akan ditindaklanjuti oleh pihak perusahaan yang bergerak di pengadaan tenaga kerja tersebut. Di satu sisi, pihak rombongan tenaga kerja ini mengharapkan untuk segera dikembalikan ke daerah asalnya,” pungkasnya. (cr01)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: