KPU Sumsel Setuju Perpanjangan Waktu

RADAR PALEMBANG, WAKTU – KPU Provinsi Sumsel merespons usulan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pusat yang meminta, agar KPU Pusat memperpanjang masa uji publik. Diharapkan dengan adanya perpanjangan waktu tersebut, uji publik akan efektif.


”Terkait mepetnya waktu uji publik para calon anggota legislatif, termasuk DPD maka ada usulan dari Bawaslu agar KPU memperpanjang masa uju publik. Jika pada jadwal tahapan masa uji publik dari 26 September sampai 9 Oktober, maka Bawaslu meminta ada perpanjangan satu minggu,” tegas Anggota KPU Sumsel Mismiwati Abdullah, kemarin (6/10).
Paling tidak, kata Mismiwati, ada tambahan satu minggu terhitung 9 Oktober. ”Saya pikir satu minggu cukup. Yang jelas jangan sampai mepet dipenetapan 31 Oktober. Sebab kalau sampai 31 Oktober, ada masukan, kapan lagi mau mengklarifikasinya,” sambungnya.
Namun, tambah Mismiwati, hal ini belum mendapat respons dari KPU Pusat. ”Saya baru saya menelpon KPU Pusat menanyakan hal ini. Ternyata belum ada respons dan keputusan sama sekali,” sambungnya.
Mismiwati menyampaikan, pada masa uji publik ini nama calon anggota DPD tetap bisa dicoret. Tetapi syaratnya jika laporan, masukan dari masyarakat benar-benar terbukti. Beberapa hal yang bisa menyebabkan calon tersebut dicoret di antaranya, ijazah palsu, dan terlibat tindakan kriminal.
”Karenanya laporan yang masuk kami minta harus jelas siapa pelapornya, apa laporannya. Jangan berupa surat kaleng. Kalau seperti itu kami tidak akan meresponsnya,” tukasnya.
Terkait dengan daftar anggota DPD, dikatakan pada awal pendaftaran ada 46 calon. Lantas setelah berjalan berkuran menjadi 43. Nah, dari 43 ini lantas diusulkan ke KPU Pusat, dan hasilnya dinyatakan lolos 41 orang saja. Pengurangan ini karena Robinson mengundurkan diri, dan Zainal Abidin Shahab tidak bisa melengkapi ijazah SD dan SMP nya sampai batas waktu yang ditentukan. (rul)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: