Paket Transit Hotel Diminati

RADAR PALEMBANG, TRANSIT-Low season bagi perhotelan saat musim lebaran tahun ini dimanfaatkan marketing hotel untuk membuat paket transit. Ternyata program yang menawarkan diskon harga hingga separuh normalnya, cukup diminati pemudik yang melakukan transit ke kota ini.


Paket transit baru lebaran tahun ini dikeluarkan Hotel Princess Palembang. Sebelumnya selama Ramadan lalu, hotel bintang tiga itu menawarkan paket khusus dengan harga murah ternyata animonya lumayan besar. Untuk itulah, program serupa itu digelar kembali saat lebaran khusus bagi masyarakat yang melakukan perjalanan mudik.
”Kami mengadakan paket transit ini selama empat hari sejak 1 hingga 4 Oktober 2008, dan selama itu ada sekitar 10-15 kamar yang digunakan pemudik. Kalau dilihat angka hunian itu lumayan bagus, meskipun masih perlu ditingkatkan,” ujar Front Office Manajer Ahmad Tedy Ariadi Kesuma Wijaya, kemarin.
Paket transit banyak dimanfaatkan masyarakat yang mudik lebaran. Biasanya mereka beristirahat terlebih dulu di Palembang sebelum melanjutkan perjalanan ke kota tujuan seperti Jakarta. ”Umumnya mereka ini melakukan perjalanan darat,” tandas dia. Biaya paket ini juga jauh lebih murah dari harga normalnya, jika biasanya ditawarkan seharga Rp 350 ribu perkamar, turun jadi hanya Rp 175 ribu.
Tedy mengungkapkan, paket ini diluncurkan lantaran tingkat hunian selama lebaran mengalami penurunan. Tercatat occupancy hotel pada 1-2 Oktober lalu hanya sebesar 30-40 persen. Tamu-tamu corporate mendominasi hunian hotel tersebut sehingga saat lebaran mereka memilih untuk berlibur bersama keluarga.
Sementara selepas lebaran, occupancy sudah kembali normal rata-rata 60 persen. Tarif kamar juga sudah berlaku normal lagi yakni junior suite Rp 400 ribu, bisnis Rp 425 ribu dan suite Rp 575 ribu (walking price).
Adanya paket transit juga dilakukan Hotel Swarnadwipa. Sales Manager Yusmama Herlinawati, mayoritas tamu hotel sebelum dan setelah hari H lebaran adalah pemudik yang transit. Mereka datang dari Jakarta menggunakan kendaraan mobil, menuju Lahat atau Muara Enim. ”Setiba di Palembang, beristirahat sebentar di hotel dan keesokan harinya melakukan perjalanan kembali,” tandas dia.
Saat momen itu tingkat hunian mencapai 70 persen, sedangkan ketika hari lebaran (1-2 Oktober) justru hunian di Hotel Swarnadwipa mengalami penurunan, hunian hanya 30 persen. ”Kami berikan special price hingga 50 persen untuk paket transit tersebut. Paket ini kami kenakan hingga 5 Oktober,” ulas Yusmama.(ade)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: