Pesanan Suvenir Mulai Ramai

RADAR PALEMBANG, KERAJINAN–Bisnis suvenir memang cukup menjanjikan. Meskipun bukan kebutuhan pokok, namun produk yang satu ini menjadi ciri khas buah tangan atau kenang-kenangan dalam sebuah pesta pernikahan atau hajatan lainnya seperti akikah.  Belum lengkap rasanya, kalau tidak ada suvenir yang dibawa meskipun nilainya tidak seberapa tetapi sangat berkesan.


Seperti jenis suvenir yang satu ini berfungsi untuk meletakkan telur. Kemasannya yang cantik begitu menawan. Tak heran jika souvenir ini menjadi rebutan para tamu dan undangan yang hadir dalam sebuah hajatan.
Usaha pembuatan suvenir ini sekarang lagi banjir pesanan. Permintaan masyarakat cukup tinggi, khususnya mereka yang hendak mengelar acara aqiqah dan tidak menutup kemungkinan juga dijadikan suvenir acara lainnya. Walaupun usaha ini musiman dan terbilang sangat kecil namun pelanggan yang sering menggunakan jasanya ini juga banyak dari kalangan pejabat.
Dari hasil pemikirannya sendiri, ibu bernama Rokia, warga Jl Lomba Jaya Gang. Wakaf Kelurahan Kemuning Palembang ini berhasil menciptakan inspirasi sebuah karya tangan yang sangat menarik.
Tak terasa, setahun sudah ia menggeluti usaha ini. Satu minggunya ia berhasil mengirim dua kali suvenir sekitar 1000 buah. Setelah lebaran, permintaan semakin meningkat hingga dua kali lipat seharga Rp 2500 per buah dengan penghasilan per bulan berkisar Rp 1 juta.
Selain memenuhi pesanan, hasil karyanya itu juga dipasarkan di kawasan Pasar 16 Ilir dan Megahria dengan cara meletakkan contoh di sejumlah toko di daerah tersebut.

Pembuatan suvenir ini menggunakan bahan dasar sisa kebaya, gelas air mineral bekas, kawat dan bamboo. Lalu ia menciptakan rangkaian bunga cantik yang cocok untuk dimasukkan telur di dalamnya. Dengan keuletannya itu, ia berhasil menciptakan hasil karya yang cantik dengan modal yang tidak terlalu besar berkisar Rp 100 ribu. Tidak hanya jenis ini saja, masih banyak lagi jenis suvenir lainnya yang dibuatnya dan tentunya berbeda dari yang lain.(vie)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: