12 Perusahaan Daftar Tender Islamic Center

RADAR PALEMBANG,FASILITAS UMUM-Pembangunan Islamic Center bakal digeber mulai tahun ini.  Panitia pembangunan juga telah menerima 12 perusahaan yang mendaftar ikut tender pembangunan sarana dan prasarana. Mega  proyek ini akan menelan dana Rp 486 miliar dan pada akhir Desember panitia akan menggelar penggalangan dana besar-besar tingkat Asia.


Gubernur Sumsel Mahyuddin NS usai menghadiri gelar Halal Bihalal di jajaran Pemerintah Provinsi didampingi oleh Karo Pemerintahan dan Perlengkapan Toni P menegaskan, dalam penggalangan dana itu, tak hanya pengusaha dan dermawan lokal yang akan diundang untuk hadir.
Namun level Asia, mulai Malaysia, Brunei Darusalam, Timur Tengah juga bakal diundang untuk hadir dan ikut menyaksikan sekaligus memberikan apresiasi lebih untuk ikut membangun Islamic Center.
Untuk kebutuhan pokoknya saja yakni berupa masjid Islamic Center hanya akan menelan dana Rp 150 miliar. ’’Ini menurut hitubngan konsultan terakhir. Sedangkan untuk fasilitas bangunan lainya seperti klinik, gedung umum dan lainya lah yang menelan biaya terbesar hingga Rp 350 miliaran.’’
Menurut Mahyudin, tak semuanya diandalkan dana hibah bantuan dari para dermawan. Bangunan pokok sebesar Rp 150 miliar dari bantuan hibah, sisanya itu bakal dikerjasamakan dengan pihak swasta yang mau menyumbangkan modalnya. Soalnya semua fasilitas ini tentu bisa dikomersilkan.
Dengan upaya ini, pembangunan Islamic Center akan bisa selesai lebih cepat. karena mengandalkan dana APBD saja itu tidak mungkin. Untuk persiapan tahun ini pelatakan tiang pancang batu pertama pembanguann masjid saja, pemprov baru menyiapkan Rp 8 miliar.
Sekarang, pendaftaran tender sudah dibuka, ada 12 perusahaan lokal nasional yang sudah ikut andil, tepat tanggal 13 Oktober nanti baru dibuka sesi penawaran dari panitia lelang. Untuk kemudian diumumkan sekitar 28-29 Oktober, siapa pemenangnya.
Mengenai berapa penawaran lelang akan dibuka, menurutnya itu rahasia penitia lelang. Sehingga tak bisa disebutkan sekarang, dan mekanismenya, tentu yang mampu memerikan harga Asumsi Perkiraan Sendiri (APS) terbaik dan sesuiai dengan spact lah yang tentu akan menang nantinya.
Setelah diumumkan pemenang, Mahyuddin  berjanji bakal langsung menjadwalkan melaksanakan pelatakan batu pertama tiang pancang masjid Islamic Center di Jakabaring.
’’Saya ingin sebelum saya lengser 7 November, Tiang pancang Islamic Center sudah dimulai. Kita akan jadwalkan dibawah tanggal 4 November,’’kata Mahyuddin. Tepat malam sebelum pemasangan tiang pancang itulah, bakal digelar malam penggalangan dana besar-besaran di Griya Agung.
“Kita berharap, seluruh tamu undangan bisa memberikan apresiasinya nanti, untuk mewijudkan cita-cita bersama ini,”ungkapnya. Untuk persoalan 5.000 meter perish tanah milik Johan Taslim bersinggungan dengan tanah Islamic center, tak akan bermasalah dan akan selesai dalam waktu dekat.(ayu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: