APBD Baru 35 Persen Terserap

RADAR PALEMBANG,ANGARAN-Pejabat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel ekstra hati-hati dalam mencairkan dana proyek.  Buktinya, pengerjaan proyek sudah mencapai 90 persen sementara dana yang dicairkan baru 35 persen.  ‘’Ini mencerminkan ada sikap hati-hati setiap dinas dalam  menyetujui klaim pencairan dana proyek,’’ungkap Asisten II Setda Propinsi Budi Raharjo, kemarin.


Diungkapkan, angka 35 persen itu diambil dari total alokasi dana pembangunan sekitar Rp 1,5 trilliun. Sedangkan APBD Sumsel total Rp 2,6 trilliun masuk didalamnya gaji dan lainya. ’’Murni untuk pembangunan Rp 1,5 trilliun, nilai inilah yang baru terserap 35 persen,’’ujar Budi.
Sementara ini, pihaknya hanya bisa menunggu dan tak bisa berbuat banyak .”Lha, dana itu bisa cair kan, kalau ada pengajuan masuk, lantas kita proses baru cair. Kalau tak ada yang masuk, bagaimana mau dicairkan,”ungkapnya.
Padahal idealnya, setidaknya memasuki semester II, seluruh pengajuan klaim pencairan dana sudah masuk, sehingga sudah proses seluruhnya dan paling lambat pencairan bisa dilakukan awal Desember.
Tapi, kalau kondisinya seperti ini terus sampai akhir tahun ini, tentu perlu dikeluarkan kebijakan khusus nanti, semacam himbauan. ‘’Kita berharap dana yang tak terserap akhir tahun, tak kurang dari 1-2 persen. Bukan dalam jumlah besar, ini akan membahayakan proses pembayaranya nanti lambat.’’
Pihaknya berharap, setiap dinas bisa secepatnya melakukan pemetaan alokasi seluruh anggaran yang sudah dilaksanakan untuk dicairkan. Agar proses bisa dipercepat, sehingga tutup buku anggaran bisa lebih cepat.
’’Kita memang maklum, bagaimana kehati-hatian dinas dalam mengajukan setiap pencairan anggaran, tapi jangan sampai itu menghmbat proses penyerapan anggaran. Laporkan saja  yang sudah dilakukan, kalaupun nanti banyak anggaran lebih, tapi pembangunan bagus, itu kan artinya penggunaan anggaranya patut dinilai positif tepatsasaran,”ungkapnya.(ayu)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: