Dubai Tak Peduli Gejolak Finansial

Umumkan Proyek Kota Baru Senilai USD 95 Miliar

DUBAI – Krisis finansial global tidak berpengaruh pada pemerintah Dubai. Salah satu di antara tujuh keemiran di Uni Emirat Arab (UEA) itu kemarin (6/10) mengumumkan rencana pembangunan ”kota baru” di Teluk senilai USD 95 miliar (sekitar Rp 893 triliun dengan kurs Rp 9.400 per USD).

Kabar itu sepertinya mengabaikan atau tak peduli pada gejolak finansial global. Proyek kota baru yang dinamai Taman Jumeirah (Jumeirah Gardens) ini ditargetkan tuntas dalam 12 tahun. Proyek itu bakal berbentuk ”kota terintegrasi dalam sebuah kota”.

Meraas Development, selaku pengembang proyek tersebut, mengumumkan rencana itu saat pembukaan Cityscape 2008, pameran realestat skala internasional yang berlangsung empat hari di Dubai. Rencana itu diumumkan sehari setelah pengembang lain di Dubai, Nakheel, akan membangun menara setinggi satu km atau 3.280 kaki. Jika jadi nanti, menara tersebut akan mengalahkan Burj Dubai.

Dubai mengejutkan dunia setelah membangun menara tertinggi di dunia itu. Dibangun Emaar, Burj Dubai setinggi 688 meter (2.257 kaki) beroperasi tahun depan. Menara yang terdiri 160 lantai tersebut menjadi pencakar langit tertinggi di dunia.

Jumeirah Gardens bakal membentang dari utara Sheikh Zayed Road, jalan utama di Dubai yang juga menghubungkan dengan Abu Dhabi, ibu kota UEA, ke selatan sejauh 150 km. Proyek tersebut terdiri atas kawasan bisnis, residensial, dan fasilitas wisata. Juga, dilengkapi jaringan transportasi dan beberapa menara raksasa serta kanal besar di tengah-tengah.

Sejatinya, Dubai tak benar-benar steril dari gejolak pasar uang global. Dubai Financial Market terpuruk 7,6 persen kemarin ke level terendah selama lebih dari 18 bulan. Bahkan, bursa di negara itu juga anjlok sekitar 14 persen dalam dua hari terakhir di tengah krisis global. (dwi/jpnn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: