Hanya Pemilik Bintang Jasa yang Berhak

RADAR PALEMBANG,MAKAM-Untuk mengantisipasi terjadinya penumpukan tata letak system pemakaman di Taman makam Pahlawab Ksatria Siguntang, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel bakal melakukan inventarisir seluruh pahlawan yang masih hidup agar tak terjadi tumpang tindih. Dipastikan tidak ada alokasi penambahan perluasan makam.


Begitu ditegaskan oleh gubernur Sumsel Mahyuddin NS usai menghadiri undangan peringatan tabur bunga TNI ke-63 di Taman Makam Pahlawan Ksatria Siguntang kemarin. Karena untuk saat ini jumlah pahlawan angkatan ’45 semakin sedikit yang masih hidup, sehingga perlu ketegasan agar tak sembarangan yang punya predikat pahlawan bisa dimakamkan di sana.
’’Yang dimakamkan di sini kan para pejuang kemnerdekaan. Itu rata-rata sudah banyak meninggal, tinggal beberapa saja masih hidup. Selain mereka, yang juga lebih berhak menempati Makam Pahlawan adalah mereka yang mendapatkan tanda jasa seperti bintang Mahaputra dan tingkatnya seperti Syahrial Oesman. Bukan, orang lain yang minta disebut-sebut Pahlawan begitu saja,’’ungkap Mahyuddin.
Jadi, kalaupun para pejuang nanti sudah meninggal semua, dan masih ada space tersisa, tak bisa digunakan sembarang orang. Setidaknya yang boleh dimakamkan di sana punya bintang tanda jasa.
Makanya, akan diinventarisir semuanya nanti, sisa para pejuangan kemerdekaan berapa, pemilik bintang jasa berapa. ’’Kita berharap, taman makam pahlawan Cuma satu inilah, tidak ada relokasi ataupun penmabahan lahan. Karena hanya orang berjasa dan terhormat saja boleh dimakamkan di sana,’’imbuhnya.
Ya, kalau Cuma berjasa alakadarnya dengan Sumsel, menurutnya, dimakamkan di pemakaman biasa sudah cukup dengan upacara kedinasan.  Tak perlu pemakaman khusus seperti tempatnya Pahlawan.
Keberadaan taman makam pahlawan, bukan untuk wah. Namun lebih menghormati mereka dan mengenang jasa-jasa apa saja yang mereka miliki terhadap Sumsel. Predikat Pahlawan atau memiliki bintang jasa itu sangat sulit didapat kecuali mereka yang berprestasi.(ayu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: