KPU Palembang Buka Pendaftaran Anggota

RADAR PALEMBANG, ANGGOTA – Sesuai dengan surat keputusan (SK) perpanjangan anggota KPU se-Sumsel (minus KPU Empat Lawang), maka pada bulan November mendatang masa kerjanya akan habis. Selanjutnya, untuk mencari pengganti maka pertengahan Oktober ini KPU Sumsel akan membuka pendaftaran.


”Kalau tidak ada halangan maka pada pertengahan Oktober ini kami akan membuka pendaftaran calon anggota KPU se Sumsel. Kecuali untuk Kabuapten Empat Lawang, mengingat di Empat Lawang baru saja dilantik,” tegas Anggota KPU Sumsel Ahmad Bakri, kemarin (7/10).
Diharapkan dengan penyeleksian pada pertengahan Oktober ini,  imbuh Bakri, pada awal November sudah terbentuk. Lantas seusai pelantikan gubernur dan wakil gubernur terpilih, KPU akan melantik KPU terpilih. Namun untuk jadwal pastinya KPU Sumsel masih akan membahas dalam rapat pleno. Saat ini sebagai langkah awal, maka KPU Sumsel sedang membentuk tim seleksi (timsel) KPU kabupaten/kota.
”Hari ini (kemarin, red) kami akan menggelar rapat pleno terlebih dahulu untuk membahas pembentukan timsel. Sebab dari daerah sudah ada masukan atau usul-usul nama calon anggota timsel. Masing-masing daerah ada dua nama, jadi kalau ada dua nama maka total nama yang masuk sebanyak 28 orang,” tegasnya.
Usulan itu, sambungnya, dari unsur masyarakat. Belum lagi nama-nama dari unsur DPRD dan pemerintah setempat. Nah, karena banyaknya nama, maka KPU harus melakukan pleno untuk menentukan lima orang timsel. Tugas timsel kata Bakri akan menyeleksi calon anggota KPU sebanyak 10 orang. Baik dari sisi administrasi, wawancara dan persyaratan lainnya. Nama-nama ini akan diajukan ke KPU Sumsel untuk diseleksi lagi menjadi lima orang. “KPU akan melakukan fit and proper test mencari lima orang annggota KPU yang baru,” tukasnya.
Menyoal prioritas anggota lama, Bakri tidak melihat hal tersebut perlu. Yang utama adalah orang tersebut sanggup bekerja keras dan siap bekerja. Mengingat beratnya kerja KPU menghadapi pemilu legislatif 2009 mendatang.
”Apalagi sekarang ini banyak partai menggunakan suara terbanyak. Jelas cara ini membutuhkan kerja yang ekstra. Pada pemilu lalu saja, dengan hanya PAN menggunakan suara terbanyak sudah demikian berat, apalagi ini makin banyak partai menggunakan sistem ini,” tukasnya.(rul)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: