Mengenal Dari Dekat Kuliner Asal Cina

Panggilan Yang Menjadi Nama Makanan

Pempek merupakan salah satu makanan khas Palembang  yang banyak digemari masyarakat, bahkan kelezatannya sudah tersebar seantero nusantara. Namun tidak semua mengetahui asal nama makanan yang disajikan dengan cuka tersebut.

Iriansyah.B – PALEMBANG

Cina   termasuk negara yang memiliki keragaman kuliner, hal ini terlihat dari nama jenis makanan yang banyak beredar di daerah-daerah termasuk di Sumsel. Salah satunya yang kue pia, bakwan, bak cang, hingga pempek.


Menurut Antony, salah seorang anggota Lion Club Palembang  memang banyak ragam makanan yang disinyalir berasal dari Cina   namun lebih terkenal sebagai makanan lokal. Pempek misalnya, berdasarkan cerita zaman dulu pempek itu sebenarnya berasal dari Cina  .
Ketika itu ada seorang warga keturunan Cina   yang menjajakan makanan dengan cara berkeliling dari kampung ke kampung. Karena banyak yang suka, masyarakatpun rutin berbelanja hingga nama makanan tersebut kian berkibar.
Namun sayangnya tidak ada yang mengenal nama makanan tersebut sehingga pada suatu waktu ada seseorang yang bertanya tentang keberadaan pedagang yang menjajakan makanan tersebut.
Karena hanya mengetahui kalau yang menjajakan adalah orang Cina   atau biasa disebut apek, maka ia hanya menanyakan kue apek. Hingga kemudian muncul kebiasan menyebut pedagang makanan tersebut dengan apek-apek yang seiring dengan perjalanan waktu berubah menjadi pempek.” Itu cerita, mengenai kebenarannya saya kurang tahu, “ ujarnya.
Senada diungkapkan harun, menurutnya berdasarkan cerita yang didengar pempek tersebut sebenarnya kali pertama dibuat oleh warga keturunan Cina  . Karena tidak mengetahui namanya, maka orang kerap menyebutnya sebagai kue apek-apek. “ Lama kelemaan nama itu akhirnya berubah menjadi pempek, “ paparnya seraya mengatakan kalau apa yang diketahuinya tersebut hanya berdasarkan cerita belaka.
Setali tiga uang diungkapkan ketua DPD PITI Sumsel H A Afandi. Menurut pria yang biasa dipanggil H didi ini cerita mengenai nama pempek tersebut memang sering didengarnya. Namun dirinya tidak mengetahui apakah pempek tersebut memang berasal dari Cina  . “ Ceritanya sih begitu, tetapi tidak tahu benar atau tidaknya, “ tegasnya.(**)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: