Penyerapan Rendah, Birokrat Tidak Profesional

RADAR PALEMBANG, KINERJA – Rendahnya penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) di tahun ini direspons oleh anggota DPRD Sumsel. Dikatakan, penyerapan yang hanya 35 persen ini lebih disebabkan rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM) yang ada.


’’Dalam pelaksanaan program itu ada istilah program jelang magrib. Jadi akhir tahun baru rame-rame, waktu mepet baru dikerjakan. Jadi kalau mepet kualitasnya patut dipertanyakan. Anggaran pun orietasinya pada proyek, bukan pada basis kinerja,’’ buka Anggota DPRD Sumsel Arudji Kartawinata saat dimintai komentarnya mengenai rendahnya pencairan dana APBD pada tahun ini, kemarin (7/10).
Kalau kerja seperti ini sambung Arudji yang patut dipertanyakan adalah kualitas dari SKPD bersangkutan. Atau dengan kata lain kualitas birokrat yang ada di SKPD sebagai pelaksana program.
’’Misalnya saja untuk kegiatan Indonesia Bercahaya pada bulan Mei lalu. Saat pembahasan APBD 2008, sudah disepakati dan masuk di salah satu dinas. Jadi anggarannya kan sudah jelas. Akan tetapi saat mau dicairkan katanya tidak bisa dengan berbagai alasan. Padalah anggarannya sudah jelas, orientasinya jelas,’’kata Arudji.
Akhrinya meski acara sudah selesai digelar, anggaran tidak bisa juga cair. Menariknya lagi padahal kegiatan ini masuk dalam agenda Visit Musi 2008. ’’Katanya saat itu ada masalah administrasi. Kalau administrasi tidak perlu sampai seperti itu,’’ tukasnya.
Alasan kehati-hatian dalam pencairan dana? Arudji mengatakan hal ini sangat berbeda dengan kehati-hatian. Kalau ada kehati-hatian tidak akan sampai ada hambatan. ’’Kalau kehati-hatian jangan berlebihan seperti itu. Kalau saya melihatnya itu lebih disebabkan ketidakmampuan dari penyelenggara saja untuk mengelola keuangan. Karena ketidakpahaman mengelola keuangan,” tukasnya.
Ini kata Arudji bisa berimbas pada besarnya sisa lebih penggunaan anggaran (Silpa) pada APBD 2009 mendatang. Karenanya ia berharap kedepan, dengan gubernur yang baru bisa mencari, menempatkan orang-orang yang tepat. Sehingga penyerapan anggaran akan lebih baik lagi.(rul)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: