Permintaan Kemplang Panggang Tinggi

RADAR PALEMBANG, KERAJINAN –  Permintaan konsumen terhadap kemplang panggang masih tinggi meskipun  produk ini langka di pasaran.  Peluang pasar itu dimanfaatkan sebaik mungkin oleh   Kholijah warga Jl KH Azhari Lr Hijrah RT 17 Kecamatan SU I.  Dia lebih fokus membuat kemplang panggang.


’’Keuntungan yang tidak kita dapat  tidak seperti dulu lagi. Harga bahan baku kemplang seperti sagu, terigu dan ikan melonjak tajam sementara  harga jual kemplang tidak bisa dinaikan terlalu tinggi.  Ya kita terpaksa  mengambil sedikit keuntungan,’’ungkap Kholijah  ketika ditemui di tempat usahanya, kemarin.
Menurutnya, dalam satu minggu pembuat kemplang ini bisa menghabiskan 100 Kg sagu, dan untuk campurannya kita menggunakan ikan Sarden dan Tenggiri. Namun, jelang puasa dan hari lebaran ini permintaan pelanggan akan kemplang panggang ini masih tetap stabil, dan masih dapat terpenuhi segala pesanan tersebut. Apalagi pelanggannya banyak berasal dari luar daerah.
‘’Dengan menghabiskan 100 Kg sagu dan 12 Kg ikan, kita menghabiskan waktu pembuatan kurang lebih dari 3 hari baru dapat kita pasarkan ke daerah. Daerah yang kita pasarkan hanya untuk wilayah Sumsel saja. Walaupun hanya dengan untung yang tipis kita masih tetap untuk memproduksi, tapi kita  masih menginginkan adanya bantuan dari danatur yang ingin memberikan kita modal,’’jelas pembuat kemplang panggang khadijah
Sekarang ini yang menjadi kendala kita yakni mahalnya produk-produk seperti ikan dan sagu di pasaran sekarang ini. ‘’Kita pernah membuat kemplang panggang tersebut agak lebih kecil, namun para pelanggan saya protes dan tidak mau lagi untuk membelinya, jadi dengan terpaksa kita tetap menjualnya dengan harga seperti biasa, dengan untung yang sangat kecil dan cukup untuk memenuhi kebutuhan kita sehari-hari saja,’’ungkapnya (vie)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: