Petani Mulai Bakar Lahan

RADAR PALEMBANG, BAKAR – Dampak membuka ladang berpindah dengan membakar hutan menjadi polemik. Salah satunya, kawasan Bukit Serelo terlihat gundul akibat ulah masyarakat yang membakar hutan. Pantauan di lapangan beberapa hari lalu, di jalan masuk menuju Kecamatan Merapi Selatan, terlihat beberapa titik kebakaran.
Terlihat jelas, lahan yang terbuka habis terbakar, beberapa di antaranya masih terbilang baru dengan menyisakan asap mengepul. Yang disesalkan, terlihat jelas tampak api memerah dari kejauhan. Diduga hal tersebut dilakukan untuk memanfaatkan lahan tersebut sebagai areal perkebunan.


Menurut Didik (27), warga Desa Ulak Pandan, lahan terbuka bekas dibakar tersebut akan dijadikan ladang. “Ini sudah terjadi sejak dahulu, membuka ladang dengan membakar hutan cukup effektif  karena tak perlu mengeluarkan biaya besar,” aku dia.
Pengamat Lingkungan Lahat, Nandi Alfajri mengatakan, penurunan fungsi hutan di sekitar wilayah tersebut perlu mendapatkan perhatian serius dari Pemkab Lahat.  ”Lahan kritis dari waktu ke waktu semakin bertambah. Bila dibiarkan, bukan tak mungkin simbol Lahat akan hilang begitu saja. Perlu dicarikan solusi agar kegiatan pembakaran hutan bisa diantisipasi,” pungkasnya. (16/jpnn)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: