Sales Otomotif Diprediksi Stagnan

RADAR PALEMBANG, OTOMOTIF-Krisis ekonomi menghantui para pelaku bisnis otomotif.  Mereka terpaksa merevisi target penjualan pada tahun depan, lantaran pasar otomotif pada 2009 nanti diprediksi bakal stagnan.      ’’Memang, kemungkinan ada hal yang membantu penjualan lewat penurunan pajak kendaraan tahun depan. Namun, kemungkinan angka penjualan masih akan sama seperti tahun ini,’’ ungkap David Yang, Manajer Auto 2000 Kertajaya kemarin (7/10).

Sebenarnya penjualan pada tahun 2008 dipastikan akan tumbuh dibanding tahun lalu. David mengaku sampai akhir September 2008 saja pihaknya telah sukses melampaui target penjualan. Kini sales telah mencapai 112 persen dari total target yang dipatok 1.163 unit mobil sampai akhir tahun. ’’Walau kondisi perekonomian sulit, kami akan berusaha untuk mengejar penjualan sampai 1.240 sampai akhir tahun,’’ terangnya.
Pencapaian penjualan di akhir tahun lah yang akan dipakai untuk menentukan target tahun depan.  Dan karena tak ada rencana Toyota untuk mengeluarkan mobil model baru tahun depan, David akan mengoptimalkan penjulan model-model yang paling banyak diminati pada tahun ini. ’’Sejak sekarang hanya ada penambahan dan perubahan tak terlalu signifikan di beberapa fitur dan desain pada Avanza dan Inova,’’ jelasnya.
Menurut David, tiga model yang tetap menjadi primadona yakni Avanza, Inova, dan Yaris. Tiga model ini, lanjutnya, menyumbang 88 persen dari total penjualan sampai September. Avanza berkontribusi 50 persen, Inova 20 persen dan Yaris 18 persen. ’’Sisanya disumbang penjualan beberapa tipe sedan seperti Camry dan Altis,’’ imbuhnya.
Untuk diketahui, dari 15 dealer yang ada di Jatim, khusus yang dikelola Auto 2000 Kertajaya berkontribusi 9 persen dari total penjualan hingga September. Sementara jika dibanding delapan dealer di Surabaya, kontribusinya mencapai 14 persen. Penjualan tertinggi masih ditempati dealer Basuki Rachmat yang menyumbang 14 persen dari total penjualan di Jatim, dan 16 persen khusus untuk yang di Surabaya. ’’Meski tak ada target peningkatan penjualan dari tahun ini, namun tahun depan kami akan berusaha menjadi dealer dengan tingkat penualan tertinggi dibanding dealer lain,’’ ucap David.
Sementara untuk bengkel yang dibuka khusus Lebaran mengalami peningkatan 15 persen jasa servis di banding tahun sebelumnya. Untuk tahun ini, imbuh David, rata-rata perhari ada 50 mobil yang memanfaatkan servis di masing-masing bengkelnya. ’’Ada tiga bengkel yang dibuka khusus Lebaran, yakni di Caruban, Pasir Putih, dan Tuban,’’ imbuhnya.(luq/bas/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: