Setoran Bank Melonjak

RADAR PALEMBANG, TRANSAKSI-Setelah libur panjang selama satu minggu, hari pertama buka transaksi perbankan langsung meningkat siginfikan. Lonjakan terjadi khususnya untuk setoran sedangkan penarikan terlihat normal.Pantauan koran ini di sejumlah perbankan kemarin, kondisinya bervariasi ada yang dipadati nasabah ada pula yang terlihat normal.

Counter bank yang dipenuhi nasabah terlihat di BNI Musi. Bangku-bangku tunggu yang ada di ruangan tersebut tak mampu menampung nasabah sehingga tak sedikit nasabah yang menunggu giliran dengan berdiri. Bukan hanya proses di teller yang diminati nasabah melainkan juga layanan customer service.
Kepadatan juga tampak terjadi di BRI A Rivai. Meski tak sepadat antrian di BNI, namun kesibukan terlihat di bank itu. Menurut Asisten Manajer Operasional M Sadli, transaksi perbankan kemarin mengalami lonjakan dari hari biasanya. Pada tanggal 29-30 November serta 3-4 Oktober bank itu buka secara terbatas, tapi tidak untuk melayani transaksi reguler melainkan untuk setoran BBM serta proses kliring. “Hari ini (kemarin, red) merupakan hari pertama transaksi nasabah makanya ada peningkatan.”
Transaksi yang meningkat khususnya terjadi untuk setoran dengan peningkatan sekitar 20-30 persen dari biasanya. Lonjakan ini diprediksi Sadli akan terjadi selama dua hari ke depan. ’’Libur panjang kemarin membuat nasabah yang akan membuka rekening menunda dan difokuskan pada hari ini (kemarin),’’imbuhnya.
Sementara mengenai pembukaan rekening baru, dikatakan dia, dalam keadaan normal. Dana yang banyak disimpan masyarakat setelah lebaran ini tidak digunakan dengan membuka rekening baru. ’’Pembukaan rekening masih sama seperti biasa,’’ ungkap Sadli.
Antrian juga terjadi di BCA A Rivai tapi masih terbilang terkendali. Sedangkan di Bank Sumsel maupun Bank Mandiri A Rivai (samping PLN), terlihat antrian normal. Pemimpin BCA Palermbang Darmawan menjelaskan, setoran dana mengalami peningkatan tiga kali lipat dan kondisi seperti ini bakal terjadi selama tiga hari ke depan. ‘’Setelah lebaran dana nasabah meningkat makanya ketika bank telah beroperasi kembali, transaksi melonjak,’’ ucap dia.
Jika dibandingkan tahun sebelumnya, penyetoran kali ini jauh lebih banyak sekitar dua kali. Kebutuhan masyarakat mengalami peningkatan sehingga keperluan dana juga melonjak.
Sedangkan untuk penarikan dana setelah lebaran ini sama seperti biasanya. Tarikan meningkat sebelum lebaran lalu. Apalagi pada 29 September lalu perbankan masih buka seperti biasanya, sementara PNS serta karyawan lainnya sudah mulai libur. ’’Pengambilan tinggi terjadi sebelum lebaran itu, sedangkan setelah lebaran penarikan masih terbilang normal,’’tuturnya.
Setelah lebaran, setoran dana mulai terlihat tinggi. Terlihat dari weekend banking BCA yang berlokasi di Kompleks PIM, pada Sabtu-Minggu lalu dipadati nasabah untuk menyetor dananya.
Mengenai kriminalitas pencurian dana bank yang meningkat akhir-akhir ini, dikatakan Darmawan, pihaknya juga meningkatkan pengamanan dengan menambah petugas keamanan. Masing-masing kantor cabang ditambah satu orang petugas lagi yang akan melakukan pengawasan selama 24 jam. Sedangkan aparat kepolisian juga rutin melakukan ronda malan. ’’Kami juga menjalin kerjasama dengan polsek setempat,’’kata pria bertubuh besar itu lugas.(ade)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: