Xiang Qi Kian Digemari

SELAIN memiliki beragam tradisi budaya dan kesenian, Cina  juga banyak menyimpan permainan-permainan tradisional salah satunya Xiang Qi. Bahkan saat ini permainan yang lebih dikenal dengan sebutan catur gajah tersebut kian digemari tidak hanya warga Tionghoa  tetapi juga warga pribumi.


Menurut salah satu warga Tionghoa  yang juga pengurus perhimpunan Keluarga Besar Hakka Sumsel Sopian, hingga saat ini minat masyarakat bermain xiang qi semakin tinggi. Tidak hanya warga pribumi tetapi juga non pribumi.
“Sekarang ini memang lagi sepi, nanti pada saat ada kejuaran warga yang latihan banyak, yang latihan juga banyak non pribumi, bahkan yang menjadi juara kemarin warga pribumi, “ujarnya saat ditemui koran ini di sekretariat perhimpunan Keluarga Besar Hakka Sumsel, kemarin.
Menurutnya untuk memaikan xiang qi bisa tergolong mudah asalkan mengerti nama masing-masing pion. Xiang Qi sendiri dapat dimainkan di papan berukuran 9×10. Pion dimainkan dibagian persimpangan, yang lebih dikenal dengan nama points. Garis Vertikal dikenal dengan nama files, dan garis horisontal dikenal dengan nama ranks. Dengan cara tertentu, papan catur biasa juga bisa digunakan untuk memainkan xiang qi.
Tempat yang membagi dua bagian yang saling berlawanan disebut river/sungai. Walaupun sungai membagi menjadi dua bagian, hanya beberapa pion yang terpengaruh misalnya raja, asisten & gajah yang tidak bisa menyebrangi sungai.(ace)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: