12 Tahun XL Melayani Indonesia


Terus Tingkatkan Kualitas Layanan

Kemarin (8/10), tepat 12 tahun PT Excelcomindo Pratama Tbk (XL) melayani kebutuhan telekomunikasi seluler masyarakat Indonesia. Dalam kurun waktu yang lebih dari satu dasawarsa tersebut berbagai inovasi layanan telah dilakukan oleh XL sehingga dapat membantu aktivitas masyarakat. Saat ini, XL telah bertekad untuk meningkatkan kualitas layanan dengan tetap menerapkan tarif murah kepada masyarakat.
_


“Penyediaan layanan bertarif murah dengan penyediaan jaringan yang  berkualitas akan menjadi prioritas utama XL. Selain itu, XL akan terus berupaya untuk masuk ke daerah-daerah terpencil sehingga bisa membantu membuka keterisolasian daerah,” papar Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi dalam syukuran HUT XL ke-12 di XL Center Jakarta.
Pada 8 Oktober 1996, XL mulai beroperasi secara komersial di Indonesia. Sebagai operator GSM ketiga di tanah air, XL mulai melangkah dengan produknya yaitu kartu pasca bayar yang memiliki semboyan “GSM XL Langsung Kring”. Dalam perjalanannya, banyak sudah peristiwa yang dialami XL maupun yang turut diwarnai XL. Sejak tahun 2007 XL telah  bermetamorfosis menjadi operator yang mempelopori tarif murah di tanah air.
Tarif murah telah diterapkan XL sejak memasuki tahun 2007 dengan menggunakan tarif per detik. Sejak itu, sepanjang tahun tersebut hingga memasuki semester ke-2 tahun 2008, tarif layanan XL terus turun. Kini tarif XL bahkan telah digratiskan untuk durasi waktu tertentu.
Seiring dengan penurunan tarif dan peningkatan jumlah pelanggan menjadi 22,9 juta hingga semester ke-1 2008, XL juga terus meningkatkan kualitas jaringan. Dengan dukungan belanja modal tahun 2008 sebesar US$ 1,25 miliar XL mewujudkan komitmennya  untuk membangun infrastruktur jaringan. Selain berupa peningkatan kapasitas, XL juga memperluas jaringan ke daerah baru, yang di antaranya merupakan daerah terpencil. Kini XL telah mampu menjangkau sekitar 90% dari populasi Indonesia, dari Sabang sampai Merauke.
”Pembangunan infrastruktur tersebut sebagai bukti dari komitmen kami untuk terus melayani masyarakat Indonesia. Kini XL memiliki lebih dari 14 ribu BTS. Backbone XL telah terbentang di sepanjang Jawa yang tersambung ke Kalimantan dan Sulawesi, dan bahkan kami memiliki backbone internasional yang tersambung ke jaringan internasional melalui Malaysia. Dan bersama konsorsium, XL turut serta dalam pembangunan backbone Palapa Ring ke Indonesia Timur,” lanjut Hasnul.
Peningkatan kualitas jaringan tidak semata karena akan berlaku efektifnya peraturan tentang standar kualitas layanan, namun memang sudah menjadi kebutuhan pelanggan. Peningkatan kualitas jaringan tidak bisa ditunda-tunda lagi karena jumlah pelanggan terus meningkat. Selain itu, kebutuhan pelanggan tidak lagi hanya sekadar sarana untuk percakapan dan SMS tetapi juga akses data.
Untuk dapat memenuhi komitmen-komitmen tersebut, perusahaan telah mempersiapkan diri dalam sumberdaya manusia. XL telah menerapkan dan mendorong implementasi budaya perusahaan yang dapat memaksimalkan kinerja karyawan dalam melayani pelanggan dan masyarakat luas. ”Kami menyadari persaingan industri telekomunikasi yang sengit saat ini hanya bisa dihadapi dengan peningkatan layanan sebaik-baiknya kepada pelanggan,” lanjut Hasnul.
Dalam perjalanannya menjadi operator penyedia layanan telekomunikasi selular bagi masyarakat Indonesia, XL telah mendapatkan berbagai penghargaan dari dalam dan luar negeri. Untuk 2008 ini, XL setidaknya telah mendapatkan 15 penghargaan dalam berbagai kategori sebagai pengakuan berbagai kalangan masyarakat atas kinerjanya perusahaan.
Penghargaan yang diraih XL tahun 2008 antara lain Top Brand Award, Call Center Award, The Indonesia Golden Ring Award, The Selular Award, The Gadget Award, Indonesia Cellular Award (ICA), Indonesian MAKE (Most Admire Knowledge Enterprise) Winner, Best Brand Award, SCTV Award, Service Star Award, dan Marketing Award.  (rel/iya)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: