Arab Saudi dan Korea Rebutan Inves di OKUT

RADAR PALEMBANG, INVESTASI – Potensi yang ada di Kabupaten OKU Timur mulai dari pertambangan, gas, dan minyak bumi hingga perkebunan, satu persatu mulai dilirik investor dari dalam maupun luar negeri. Bahkan, beberapa investor telah menyatakan niatnya untuk berinvestasi di OKU Timur.


Seperti investor dari Korea dan Arab Saudi yang menyatakan niatnya untuk menanamkan modalnya di OKU Timur. Investor dari Korea antara lain PT Korea OKU Timur BIO Tech Indonesia yang melirik potensi energi alternatif biodisel dan PT Korea Farm yang akan mengembangkan potensi perkebunan di OKU Timur.
Sedangkan investor dari Arab Saudi adalah PT Kalos Contruction yang akan menanamkan modalnya untuk jasa konstruksi. Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) OKU Timur Saiman Kesumadharma, keinginan ketiga investor tersebut untuk berinvestasi di OKU Timur telah terwujud dengan dilakukannya nota kesepahaman (MoU) dengan Pemkab OKU Timur.
“Sebelumnya mereka sudah beberapa kali mendatangi OKU Timur untuk melakukan survei langsung. Seperti saat mereka meninjau pabrik biodisel dan perkebunan jarak kita, lalu mereka langsung meninjau perkebunan karet dan sawit yang ada di OKU Timur. Saat itulah mereka langsung menyatakan keseriusannya dan ingin secepatnya dilakukan persetujuan (MoU),” ujar Saiman saat dibincangi di ruang kerjanya kemarin (8/10).
Dijelaskan Saiman, sebagai langkah  konkret dari MoU yang dilakukan investor tersebut terutama dari Korea yang akan mendirikan pabrik pengolah karet di areal perkebunan karet. Apalagi dilihat potensi perkebunan karet di OKU Timur yang mencapai 100 ribu hektar lebih sudah berproduksi.
“Selama ini getah karet rakyat tersebut dijual keluar daerah dengan ongkos yang tidak sedikit. Dengan hadirnya pabrik karet nantinya, seluruh hasil karet rakyat akan ditampung di pabrik sehingga harga getah karet tidak akan jatuh karena ada yang menampung dalam jumlah besar,” terangnya.
Namun ketika ditanya lokasi pendirian pabrik karet Saiman mengatakan pihaknya belum mengetahui secara pasti. “Yang jelas didirikannya pabrik nantinya akan membawa dampak positif bagi petani karet dan Pemkab OKU Timur,” pungkasnya.
Sementara itu Direktur PT Korea OKU Timur BIO Tech Indonesia Park Sung OH yang mewakili ketiga investor tersebut mengatakan, keinginan mereka berinvestasi di OKU Timur karena dilihat dari potensi yang ada. “Anak perusahaan kami melakukan MoU ini karena kami yakin ada potensi yang besar di OKU Timur untuk dikembangkan. Karena itu kami minta dukungan dan kerjasama yang baik dari pemerintah dan masyarakat OKU Timur ini,” ujar Park Sung OH. (awa)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: