Becak Motor Dilarang di Palembang

RADAR PALEMBANG, BECAK MOTOR – Dinas Perhubungan Kota Palembang  melarang operasional becak motor. Ini dilakukan agar lalu lintas di dalam kota semakin tertib.  Kemarin, sejumlah becak motor terjaring razia.


’’Memang kita telah merazia beberapa becak yang menggunakan mesin layaknya kendaraan bermotor,’’ungkap Syadina Ali, Kepala Dinas Perhubungan kota Palembang, kemarin.
Syadina juga mengatakan, dilakukannya razia terhadap kendaraan ini penyebabnya selain menambah kesemrautan juga kapasitasnya kecil dan tidak massal sehingga bertentangan dengan prinsip transportasi sebagai angkutan massal. ’’Dengan alasan tersebut kita melarang beroperasinya becak motor ini di Kota Palembang,’’ucapnya.
Selain merazia becak motor, dishub juga merazia sepeda motor roda tiga atau biasa disebut Kaisar alasannya tidak sesuai dengan  ketentuan teknis kendaraan bermotor sebagaimana diatur dalam UU 14 tahun 1992 tentang LLAJ.
’’Diantaranya adalah bak muatan melebihi stang kemudi, lalu jenis sepeda motor yang diberikan kepada sepeda motor roda 3 ini tidak sejalan dengan definisi sepeda motor,’’katanya.
Selain itu,  kendaraan mengangkut  barang pada prinsipnya mobil barang adalah kendaraan wajib uji namun karena dikategorikan sepeda motor sehingga tidak termasuk kendaraan wajib uji tapi kemungkinan membahayakan  keselamatan pengguna.
’’Ini  belum ditambah bahwa kendaraan ini tidak memiliki izin operasi, tidak diuji dan bukan kendaraan umum sehingga jumlah kendaraan ini sulit di kendalikan,’’jelasnya.(sep)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: