BEI Bingung, Mau Tutup atau Buka

RADAR PALEMBANG, BEI-Bursa Efek Indonesia (BEI) belum memutuskan apakah perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) akan dibuka atau tidak pada Kamis besok (9/10), menyusul penutupan sementara perdagangan Rabu (8/10). Menurut Direktur Utama BEI, Erry Firmansyah, pihaknya masih menunggu perkembangan situasi regional.


“Kita akan mencermati perkembangan pasar bursa regional yang juga berjatuhan,” kata Erry dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (8/10).

Dijelaskannya, BEI menempuh langkah dengan melakukan suspensi perdagangan saham karena melihat pasar sudah tidak lagi rasional. IHSG jatuh lebih dari 10% pada pembukaan perdagangan hari ini dengan nilai transaksi hanya di bawah Rp 1 triliun. “Kalau dibiarkan justru akan tambah parah, karena itu disuspensi sementara,” jelasnya.

Langkah BEI ini dilakukan hingga sesi II perdagangan akibat terjadi penurunan yang sangat signifikan pada indeks saham yang ditutup pada level 1.451,669. Pengumuman penghentian sementara perdagangan efek bersifat ekuitas (saham) dan derivatif di seluruh pasar tersebut disampaikan otoritas BEI pukul 11.06 WIB.

Dirinya menghimbau agar investor tidak mudah terpancing isu-isu negatif di tengah ketidakpastian pasar keuangan global. Karena secara fundamental ekonomi Indonesia dalam kondisi baik. Sementara itu, selain BEI, bursa saham regional pun turut rontok hari ini. Hal itu terlihat dari bursa Nikkei Jepang yang turun 10 persen serta bursa Singapura.(esy/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: