BKN Warning Rekruitmen Pegawai

RADAR PALEMBANG,PEGAWAI-Untuk mengefektifkan mekanisme penerimaan pegawai dan  analisa jabatan. Badan Kepegawaian Nasional (BKN) kemarin meninjau langsung sistem on line kepegawaian di BKD Sumsel, harus diefektifkan menjelang rekruitmen baru formasi CPNS 2008 ini.


‘’BKN kan hanya tinggal menunggu keputusan MenPan. Bila mereka sudah menurunkan SK pembukaan pegawai, baru kita terjun ke lapangan melakukan pengawasan langsung,’’kata Ketua BKN Pusat  Edy Topo Bastiar usai melakukan kunjungan ke BKD Sumsel.
Menurutnya, sistem informasi kepegawaian yang ada saat ini masih banyak yang tidak karuan. Kondisi ini menyebabkan, pemberian formasi melenceng dari nilai kebutuhan.
‘’Kita berharap sistem informasi kepegawaian on line tak hanya bisa dilakukan oleh BKD provinsi, tapi juga seluruh kabupaten/kota. Ini bertujuan agar pusat lebih mudah melakukan koreksi dalam rangka menetapkan formasi dari total diajukan.’’
Bagaimanapun juga, untuk menetapkan sebuah formasi  harus dilakukan analisa detil tentang jabatan dengan beban kerja. Meksipun Dinasnya kecil, tapi beban kerjanya banyak, tentu butuh SDM banyak membagi beban tersebut.
Sebaliknya, lembaganya besar, tapi jika beban kerjanya kecil, untuk apa masih mengajukan penerimaan pegawai. Artinya, tidak perlu. Nah, analisa seperti inilah dibutuhkan ke depan, agar efektif dalam menetapkan formasi penerimaan. ‘’Ya, yang obyektif lah, kalau mengajukan penetapan formasi CPNS. Jangan sampai  hanya dilihat dari sisi volume jumlah SDM, tanpa melihat beban kerja,’’ungkapnya.
Peninjauan ini akan menginspirasikan pihaknya, melakukan online kepagawaian di seluruh Indonesia. Dengan pola ini, pusat bisa langsung melihat angka kebutuhan, melalui database itu.
Selain itu, juga bisa melakukan seleksi evaluasi, kapabilitas dan tingkat kemampuan secara berjenjang setiap pegawai yang ada. Terpisah kepala BKD Sumsel Muzakir, mengatakan, bahwa Sumsel khususnya masih banyak kekurangan pegawai bidang kesehatan seperti bidan dan pendidikan guru. Untuk tenaga lain, cenderung relatif ctabil.
Ambil rata-rata saja kekurangan minimum perkabupaten kota bisamencapai 1.000 pegawai untuk guru dan tenaga medis. Makanya, pihaknya bakal melakukan inventarisir lebih detil.(ayu)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: