Bursa Hancur, SBY Tonton Film

RADAR PALEMBANG, BURSA- Di tengah jebloknya nilai tukar rupiah dan hancurnya indeks harga saham, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono masih sempat menonton film bersama sejumlah menterinya. Film Laskar Pelangi yang disaksikan SBY berkisah tentang sisi buram pendidikan dasar di pulau kaya penghasil timah, Belitong.


Presiden dan Ibu Negara sekitar pukul 19.00 tiba di Blitz Megaplex Grand Indonesia. Sejumlah menteri tampak mendampingi presiden, diantaranya Mendiknas Bambang Sudibyo, Menkominfo Muhammad Nuh, Menbudpar Jero Wacik, dan Mensesneg Hatta Rajasa.
Hadir pula Sutradara Riri Reza, Produser Mira Lesmana, penulis novel Laskar Pelangi Andrea Hirata, dan 12 anak-anak Belitong yang menjadi tema sentral film Laskar Pelangi, dan 3.500 siswa dari Belitong.
Sejumlah tokoh nyata dalam novel Laskar Pelangi juga nampak hadir, antara lain Muslimah, bekas guru SD Muhammadiyah Gantong, yang dalam filmnya diperankan oleh aktris Cut Mini.
Film Laskar Pelangi bertutur tentang perjuangan 10 anak miskin dari Pulau Belitong untuk mendapatkan pendidikan dasar di SD Muhammadiyah Gantong. Film yang diinspirasikan dari kisah nyata tersebut menuturkan kisah sejak anak-anak tersebut masuk di hari pertama hingga mereka lulus sekolah. Karena kemiskinan, salah satu anak paling cerdas terpaksa putus sekolah.
Dalam sambutannya, Presiden SBY mengapresiasi film yang memberi kritik positif bagi dunia pendidikan tersebut. “Film ini mencerminkan kita punya karakter dan memiliki masa depan yang baik,” katanya.
SBY menuturkan, industri film memberi sumbangan besar pada pertumbuhan ekonomi. Dari industri kreatif, tahun lalu dihasilkan sumbangan Rp 105 triliun ke kas negara. “Tahun 2006, ada 2,2 juta orang yang bekerja dalam industri ini,” kata dia.
Presiden juga mengapresiasi perkembangan film Indonesia. Dia mencontohkan tahun lalu dihasilkan 53 judul film nasional, meningkat menjadi 80 judul film hingga Agustus tahun ini. “Kita telah jadi tuan rumah dinegeri sendiri,” katanya. (noe/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: