HIPMI Optimis Ekonomi Indoensia Tetap Eksis

RADAR PALEMBANG, MAKRO EKONOMI-Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) menyakini bila krisis yang melanda Amerika Serikat tidak akan membawa pengaruh serius terhadap perekonomian Indonesia. Optimisme tersebut didasari bahwa krisis tersebut hanya terbatas pada pasar modal dan sektor keuangan saja. Apalagi selama ini pertumbuhan ekonomi Indonesia ditopang aktivitas domestik.

“Kita optimis dampaknya tidak akan terlalu serius. Tapi mesti didukung optimalisasi program yang terhambat,” ujar Erwin Aksa, Ketua Umum DPP HIPMI, dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (8/10).

Menurutnya ada tiga perhatian utama para pelaku usaha dalam situasi sekarang ini, yaitu nilai tukar rupiah, tingkat suku bunga dan inflasi. Karena semua investor di seluruh dunia berusaha meningkatkan likuiditasnya terutama dalam dolar AS, yang tentunya membuat rupiah tertekan. Inflasi juga sudah cukup tinggi.

Erwin juga meminta kepada pemerintah agar setiap kebijakan yang ditempuh jangan sampai mengorbankan pelaku usaha kecil (UMKM). Apalagi selama krisis yang lalu, UKM terbukti mampu menjadi salah satu tulang punggung kebangkitan ekonomi bangsa.

Karenanya, pihaknya berharap pemerintah bisa memaksimalkan program dan dana pembangunan yang selama ini terhambat untuk meningkatkan peningkatan produktivitas ekonomi domestik ini.
“Pemerintah jangan sampai kehilangan fokus menghadapi situasi ini,” tuturnya.

Kondisi saat ini bisa dimanfaatkan untuk menggenjot kapasitas produksi Indonesia di bidang energi dan pangan secara efektif dan efisien. Artinya, fokus tersebut harus dibarengi dengan perbaikan infrastruktur fisik seperti jalanan, jembatan, pelabuhan dan sarana lainnya.(esy/jpnn)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: