LSM Amerika Bagi 1.200 Sepatu

RADAR PALEMBANG, BANTUAN PENDIDIKAN-Buramnya wajah pendidikan dan kemiskinan di Indonesia membuat LSM asal Amerika Serikat terketuk. Posisi Indonesia sejajarkan dengan negara-negara dunia ketiga yang masih dirundung konflik dan berada dalam kondisi yang mengenaskan.

Selain Indonesia, LSM nirlaba asal AS The Suzie Reizod Foundation memberikan bantuan di Somalia, Sudan, Afghanistan, dan Pakistan.

“Masih dalam suasana Lebaran, kami ingin membagi kebahagiaan dengan saudara-saudara kita di lingkungan ini yang kebetulan merayakan hari raya dalam kekurangan”, ujar Wakil Ketua Koperasi Sekar Melati Indonesia Departemen Luar Negeri Enni Imron Cotan pada acara penyerahan 1.200 pasang sepatu baru bagi anak-anak keluarga kurang beruntung yang tinggal di daerah pinggiran Sungai Ciliwung di Jakarta kemarin (7/10).

Pembagian bantuan tersebut dilakukan di tiga Kelurahan di Jakarta, masing-masing Kelurahan Tugu Selatan, Kamal Muara Baru dan Jagakarsa. Tak kurang dari 100 siswa sekolah di lingkungan Kelurahan Tugu Selatan berbaris rapi menanti sepatu baru mereka yang merupakan sumbangan dari The Susie Reizod Foundation.

“Saya sangat senang bisa pergi ke sekolah dengan sepatu baru”, kata Alung, siswa kelas 2 SDN 02 Tugu Selatan, salah seorang penerima sepatu baru.

Dengan barisan anak-anak bersepatu baru, suasana Kelurahan Tugu Selatan, Jakarta Utara menjadi agak berbeda dibandingkan hari-hari biasanya. Dr. Cynthia Dozier sebagai Presiden The Susie Reizod Foundation tampak sangat terharu ketika menyerahkan bantuan secara simbolis kepada 5 orang siswa SD.

Acara tersebut disaksikan oleh Enni Imron Cotan beserta segenap perangkat pemerintahan di lingkungan tersebut. Selain difasilitasi oleh Koperasi Sekar Melati Indonesia, penyerahan bantuan sepatu dari Lembaga Swadaya Masyarakat asal Amerika Serikat tersebut juga dibantu oleh PKK Provinsi DKI Jakarta.

The Susie Reizod Foundation didirikan oleh Dr. Cynthia Dozier dan didedikasikan untuk ibunya, Susie Reizod. Saat itu Susie Reizod muda mingikuti orang tuanya berpindah ke New York dari South Carolina. Namun akibat kemiskinan yang mereka hadapi, orang tua Susie Reizod tak mampu membelikannya sepatu di tengah dinginnya cuaca Amerika Serikat.

Kemalangan inilah yang mendorong sang anak, Dr. Cynthia Dozier, untuk mendirikan yayasan ini. Selain di Amerika Serikat dan Indonesia, yayasan ini telah memberikan bantuan sepatu kepada anak-anak kurang beruntung di Asia, Afrika, Amerika Latin dan Karibia.

“Berkat hibah dari Kingdom Foundation, kami dapat memperluas sumbangan untuk memenuhi kebutuhan anak-anak kurang mampu di bagian lain seperti Indonesia, yang belum pernah kami layani sebelumnya,” tegasnya.

Susie Reizod Foundation (SRF) yang didirikan di Amerika Serikat pada bulan Oktober 2001 merupakan organisasi amal non-profit yang secara rutin memberikan bantuan sepatu tiga kali setahun (Juni-Juli, Agustus-September, dan Nopember-Desember) bagi anak-anak pendatang kurang mampu di daerah miskin dan terpencil di AS. Selain itu, setiap tahun bantuan juga diberikan pula kepada anak-anak di negara berkembang di Asia, Afrika, Amerika Latin, dan Karibia.

Pada 2008, kegiatan pemberian bantuan sepatu dilakukan di Somalia, Sudan, Afghanistan, Pakistan, dan Indonesia. Susie Reizod Foundation kali ini dibantu oleh Koperasi Sekar Melati Indonesia-Departemen Luar Negeri (SMI-Deplu) dan PKK Provinsi DKI dalam mendistribusikan 1.200 pasang sepatu baru kepada anak-anak yang membutuhkan dan yang tinggal di daerah Sungai Ciliwung dan sekitarnya pada tanggal 7 dan 8 Oktober 2008.(iw)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: