MA Belum Usulkan Pensiun Bagir

RADAR PALEMBANG MA-Presiden Susilo Bambang Yudhoyono hingga kemarin belum menerbitkan Keputusan Presiden pemberhentian Bagir Manan sebagai Ketua Mahkamah Agung (MA). Keppres belum diterbitkan karena belum ada surat pemberitahuan dari Mahkamah Agung tentang status jabatan Bagir serta nama-nama hakim agung yang diusulkan untuk menggantikannya.


“(Surat pemberitahuan dari MA) belum masuk. Padahal, biasanya, kalau hakim agung akan pensiun akan dilaporkan MA enam bulan sebelumnya,” ujar Menteri Sekretaris Negara Hatta Rajasa di Kantor Presiden kemarin (8/10).
Dalam surat pemberitahuan, Mahkamah Agung biasanya akan memberitahukan kepada presiden nama-nama hakim yang akan memasuki usia pensiun disertai permohonan untuk memproses penerbitan keputusan presiden untuk kepentingan administrasi.
Namun, hingga Bagir Manan masuk usia pensiun pada 7 Oktober lalu, MA belum mengirim surat pada presiden. “Karena itu, Keppres (pemberhentian Bagir Manan dan penunjukan ketua Mahkamah Agung yang baru) belum bisa diterbitkan,” katanya.
Hatta juga tidak bisa menjelaskan mengapa MA belum mengirim surat pemberitahuan tersebut. Namun, dia menolak berkomentar tentang kemungkinan MA menunggu keputusan DPR tentang masa pensiun hakim agung dalam pembahasan revisi UU Mahkamah Agung.
MA sebelumnya mengusulkan usia hakim agung diperpanjang dari 67 tahun menjadi 70 tahun. Bila revisi UU MA disetujui DPR pada 30 September lalu, maka Bagir masih akan tetap menjabat sebagai ketua MA hingga 7 Oktober 2011. (noe)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: