Pelemahan Rupiah Potensi Naikan Harga Komputer

RADAR PALEMBANG, RUPIAH-Imbas melemahnya rupiah terhadap dolar berpengaruh juga terhadap harga komputer. Meskipun sejumlah pengusaha masih memiliki stok namun dengan prediksi nilai tukar yang bakal terus melemah hingga akhir tahun, harga akan ikut meningkat.

Ketua Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) Sumsel, Cicin Wijaya mengatakan, sejumlah pengusaha masih memiliki stok komputer yang perangkatnya dibeli ketika rupiah ada di level Rp 9.300-9.400. ”Pengusaha yang masih punya stok memilih untuk menunggu sampai dolar turun lagi. Posisi pelemahan seperti sekarang kan tidak lama. Masih ada kemungkinan untuk tergerus kembali,” jelasnya, kemarin.
Hanya saja, pertahanan untuk tidak mengimpor barang ini tidak bisa bertahan lama. Sebelum akhir tahun ini setidaknya pengusaha terpaksa lakukan pembelian kembali mengingat stok barang yang ada sekarang tidak bisa bertahan lama.
Sedangkan bagi pengusaha yang tidak mempunyai stok banyak, terpaksa lakukan pembelian kembali disaat harga dolar tengah menguat. Otomatis biaya yang mereka keluarkan jauh lebih besar mengingat pembelian spare part komputer berasal dari luar negeri (impor).
”Pengusaha yang membeli saat rupiah anjlok  terpaksa menaikan sedikit harga jual. Informasi yang saya terima kenaikan komputer itu berkisar di angka 3-5 persen. Kenaikannya sedikit karena tidak semua spare part itu berubah harga, ada perangkat juga yang harganya cenderung lebih stabil,” kata Cicin yang juga pemilik PT Inticom itu.
Ditambahkan dia, persoalan utama yang menghadang bisnis jual beli komputer ini yakni mengacu nilai tukar rupiah yang cenderung berfluktuasi secara tajam. Pengusaha akan lebih senang apabila nilai tukar jauh lebih stabil pergerakanya. ”Tidak masalah kalau rupiah itu terus melemah, yang jadi persoalan apabila nilai tukar ini fluktuasi sehingga pengusaha kesulitan tentukan cash flow-nya.”
Namun, walaupun gejolak rupiah itu berakibat menaikan harga jual komputer, volume penjualan tidak akan berkurang. Komputer kini merupakan barang kebutuhan bagi masyarakat. Apalagi kini pemerintah tengah menyusun APBD-P sehingga kemungkinan permintaan perangkat lunak itu bakal stabil.(ade)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: