Penerimaan CPNS Departemen Kehutanan Tahun 2008

Departemen Kehutanan membuka kesempatan kepada para lulusan Diploma III dan Sarjana (S1)) untuk diangkat menjadi calon tenaga fungsional serta tenaga teknis lainnya dengan kualifikasi sebagai berikut :
a). Diploma III (DIII) sebanyak 173 orang dengan rincian :


– Diploma III (DIII) Kehutanan 91 Orang
– Diploma III (DIII) Ekonomi Akuntansi 80 Orang
– Diploma III (DIII) Kearsipan 2 Orang
b). Sarjana (S1) sebanyak 177 orang dengan rincian :
– Sarjana (S1) Kehutanan 88 orang
– Sarjana (S1) Ekonomi Akuntansi 77 orang
– Sarjana (S1) Biologi 3 orang
– Sarjana (S1) Administrasi Negara 3 orang
– Sarjana (S1) Ilmu Tanah 2 orang
– Sarjana (S1) Sosiologi 2 orang
– Sarjana (S1) Statistik 1 orang
– Sarjana (S1) Teknik Lingkungan 1 orang
I. JABATAN LOWONG
Pelamar melamar jabatan yang lowong dengan menuliskan kode jabatan pada formulir pendaftaran sesuai dengan kualifikasi pendidikan yang dimiliki. Pelamar berhak untuk memilih maksimal 2 (dua) jabatan lowong. Pilihan jabatan tidak bersifat mutlak, panitia berhak menentukan pelamar yang lolos seleksi dengan jabatan di luar jabatan pilihan pelamar. Nama jabatan lowong, kode jabatan, persyaratan
jabatan dan uraian tugas masing-masing jabatan terlampir.
II. PERSYARATAN UMUM
a). Warga Negara Indonesia yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
b). Berkelakuan baik dan tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang memiliki kekuatan hukum tetap.
c). Tidak dalam kedudukan sebagai pengurus/anggota partai politik.
d). Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai PNS/Anggota TNI/Polri maupun sebagai pegawai swasta.
e). Tidak berkedudukan sebagai CPNS dan tidak sedang terikat perjanjian/kontrak kerja dengan instansi lain.
f). Sehat jasmani dan rohani.
g). Bersedia ditempatkan di seluruh Wilayah Negara Republik Indonesia atau negara lain yang ditentukan oleh Pemerintah.
III. PERSYARATAN KHUSUS
1. Usia
a). Usia minimal 18 tahun (lahir tanggal 1 Desember 1990 atau sebelumnya).
b). Untuk Diploma III (DIII) berusia maksimal 25 tahun (lahir tanggal 1 Desember 1983 atau
sesudahnya).
c). Untuk Sarjana (S1) berusia maksimal 28 tahun (lahir tanggal 1 Desember 1980 atau sesudahnya).
2. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK)
a). Untuk Diploma III (DIII) minimal 2,50 skala 4 dengan program studi terakreditasi A, B, atau C.
b). Untuk Sarjana (S1) minimal 2,75 skala 4 dengan program studi terakreditasi A, B, atau C.
IV. PENDAFTARAN DAN PENYAMPAIAN BERKAS
a). Berkas pendaftaran harus sudah diterima panitia selambat-lambatnya tanggal 15 Oktober 2008 ditujukan kepada :
PANITIA PENGADAAN CPNS DEPARTEMEN KEHUTANAN
FORMASI TAHUN 2008 PO BOX 7600/JKPWB JAKARTA 10270
Panitia hanya menerima berkas lamaran yang disampaikan melalui PO BOX tersebut di atas dan tidak menerima format penyampaian lamaran lainnya termasuk diantar langsung ke Departemen Kehutanan.
b). Berkas lamaran dengan lampiran-lampiranny a disusun sebagai berikut :
– Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap, formulir dapat di download di website Departemen Kehutanan di http://www.dephut.go. id
– Surat lamaran ditulis tangan sendiri dengan tinta warna hitam di atas kertas folio bergaris dengan huruf latin dengan mencantumkan biodata antara lain nama, tempat/tanggal lahir, status (nikah /
belum nikah/janda/ duda), alamat jelas yang mudah dihubungi dan nomor telepon/HP dan ditujukan kepada Menteri Kehutanan cq. Kepala Biro Kepegawaian;
– Fotocopy ijazah dan transkip nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat yang berwenang, sebanyak 1 (satu) lembar (Surat Keterangan Lulus/Ijazah Sementara tidak dapat diterima);
– Fotocopy sertifikat akreditasi program studi, sebanyak 1 (satu) lembar;
– Surat Pernyataan bermaterai Rp 6.000,- sanggup memenuhi persyaratan (umum dan khusus) dan ketentuan pelaksanaan Penerimaan CPNS Departemen Kehutanan Formasi Tahun 2008, sebanyak 1 (satu) lembar, format surat dapat di download di website Departemen Kehutanan di http://www.dephut.go. id
– Pasfoto terbaru berwarna ukuran 3 x 4 cm berlatar belakang merah, sebanyak 2 (dua) lembar;
1 (satu) lembar foto ditempel di formulir pendaftaran dan 1 (satu) lembar lainnya ditulisi nama pelamar di bagian belakang foto;
– Fotocopy bukti pengalaman kerja/kursus yang berkaitan dengan jabatan yang dilamar bila ada, sebanyak 1 (satu) lembar.
– Fotocopy hasil pemeriksaan kesehatan umum yang telah dilegalisir dari dokter/klinik yang meliputi : tinggi dan berat badan, mata, gigi, fungsi motorik, pendengaran dan tekanan darah (khusus untuk pelamar jabatan Polisi Kehutanan (Polhut), baik pilihan 1 atau 2).
c). Lamaran beserta lampiran tersebut pada butir (b) disusun rapi sesuai urutan di dalam map kertas jepit berlubang (snelhecter) dengan warna :
– Kuning untuk Diploma III (DIII),
– Biru untuk Sarjana (S1),
d). Map lamaran dimasukkan ke dalam amplop warna coklat dan ditulis pada pojok kiri atas kode kualifikasi pendidikan.
e). Berkas lamaran yang tidak memenuhi syarat tidak akan diproses.
f). Berkas lamaran yang diterima panitia menjadi milik panitia dan tidak dapat diminta kembali oleh pelamar.
V. TAHAPAN DAN JADWAL SELEKSI
Seleksi Pengadaan CPNS Departemen Kehutanan Formasi Tahun 2008 dilakukan dengan tahapantahapan sebagai berikut :
1. Seleksi Administratif
Panitia akan memberlakukan sistem ranking berdasarkan pertimbangan nilai IPK, akreditasi program studi, umur dan pengalaman kerja untuk menentukan jumlah peserta ujian tertulis apabila jumlah pelamar melebihi jumlah peserta ujian yang ditentukan. Pengumuman peserta yang lolos seleksi administrasi dan berhak untuk mengikuti tahapan seleksi berikutnya akan diumumkan pada tanggal 30 Oktober 2008.
2. Peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi wajib mengambil Kartu Tanda Peserta Ujian (KTPU) pada tanggal 11-12 November 2008 dengan menunjukkan ijazah asli dan fotocopy formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap, bertempat di kantor Koordinator UPT Departemen Kehutanan di seluruh Indonesia atau tempat lain yang ditunjuk.
3. Ujian Tertulis
Ujian Tertulis akan dilaksanakan serentak di seluruh kantor Koordinator UPT Departemen Kehutanan di seluruh Indonesia atau tempat lain yang ditunjuk pada tanggal 13 November 2008. Hasil ujian
tertulis akan diumumkan pada tanggal 5 Desember 2008.
4. Berdasarkan Peraturan Kepala Badan Kepegawaian Negara No. 30 Tahun 2007 tanggal 27 Agustus 2007 tentang Pedoman Pelaksanaan Pengadaan CPNS, materi ujian meliputi :
– Tes Kompetensi Dasar (TKD); dimaksudkan untuk menggali pengetahuan, keterampilan dan sikap/perilaku peserta ujian, yang meliputi :
– Tes Pengetahuan Umum / TPU (Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya, Hankam dan Hukum);
– Tes Bakat Skolastik / TBS (Kemampuan Verbal, Kemampuan Kuantitatif, dan Kemampuan Penalaran);
– Tes Skala Kematangan / TSK (Kemampuan Beradaptasi, Pengendalian Diri, Semangat Berprestasi, Integritas dan Inisiatif).
– Tes Kompetensi Bidang (TKB); dimaksudkan untuk mengukur kemampuan dan atau keterampilan peserta ujian yang berkaitan dengan kompetensi jabatan.
5. Seleksi dilakukan dengan sistem gugur dan keputusan panitia tidak dapat diganggu gugat.
VI. LAIN-LAIN
1. Panitia TIDAK MEMUNGUT BIAYA APAPUN dari peserta.
2. Departemen Kehutanan tidak bertanggung jawab atas pungutan atau tawaran berupa apapun oleh oknum-oknum yang mengatasnamakan Departemen Kehutanan atau panitia, sehingga pelamar diharapkan tidak melayani tawaran-tawaran untuk mempermudah penerimaan sebagai CPNS Departemen Kehutanan.
3. Pelamar yang telah dinyatakan lulus namun mengundurkan diri, tidak akan diterima sebagai CPNS Departemen Kehutanan pada pengadaan pegawai baru tahun-tahun berikutnya.
4. Setelah diangkat CPNS tidak boleh meminta pindah selama 5 (lima) tahun.
5. Lamaran yang dikirimkan kepada Departemen Kehutanan sebelum pengumuman ini dianggap tidak berlaku.
6. Informasi resmi yang terkait dengan seleksi CPNS Departemen Kehutanan Formasi Tahun 2008 hanya dapat dilihat melalui website Departemen Kehutanan di http://www.dephut.go.id Oleh karena itu para pelamar disarankan untuk terus memantaunya.
Jakarta, 24 September 2008
Kepala Biro Kepegawaian
selaku Ketua Panitia Pengadaan CPNS Dephut Formasi 2008
Ir. Mudjihanto Soemarmo, MM
sumber dan informasi lengkap : http://www.dephut.go.id

3 Tanggapan

  1. huh, maaf. tapi departemen kehutanan seharusnya dibubarkan saja..

    kerjanya enggak bener, masak hutan2 lindung di konversi jadi ladang kelapa sawit?????

    cukup saja departemen lingkungan, jangan ada lagi hutan2 yang dikonversi, karena saat ini kita sangat membutuhkannya untuk mengurangi global warming..

  2. maaf ko yang SMA \ SMK nya ga ada, yang ada cuma Diploma ma Strata aja….mengapa (KO DISKRIMINASI GINI) ga toleran. bagaimana kita akan stabil tatanan hidup ini.
    aku lulusan strata1, cuma kasihan sama yang SMA/SMK saja. mereka bukannya ga mau kuliah tapi, apa daya. mereka juga ingin hidup lebih layak …ngerti ga.

    oya saran dari saya, persyaratan mau masuk kehutanan harusnya punya syarat….ngikuti suatu organisasi pencinta alam MAPALA dong. (BIAR GA MERUSAK) tapi menjaga. jangan ga yang ngerti tentang alam di masukin. ya jelaslah….amblas hutan semua. mikirnya perut sendiri dan keluarga. ga mentingin epeknya pada orang lain.
    maaf..itu saran dari saya. agar bisa mencegah adanya kerusakan hutan. (((tolong didik yang benar ya OM..)))

    ….piss n lope…

  3. kok susah banget buka situs DEPARTEMEN KEHUTANAN,padahal gua dah coba buka dari tanggal 5 desember 2008.padahal gua butuh buat lihat hasil pengumuman tes tahap 1 2008.apakah ada yg ngacauin situs ini??atau ada kepentingan lainnya biar g bisa di lihat tuh hasil yg lulus tes.BeeeeTeeeeee

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: