Pengusaha Motor Optimis Penjualan Tak Tergerus

RADAR PALEMBANG, NAIK- Kenaikan suku bunga acuan (BI-rate) yang terus terjadi nampaknya tidak terlalu dikhawatirkan para pengusaha sepeda motor di Palembang. Walaupun harus diakui sebagian besar pembelian alat transportasi roda dua tersebut dilakukan dengan cara kredit.

Direktur PT Raja Global Motorindo main dailer Beijing Motocycle Palembang Anthony Wijaya kepada koran ini mengungkapkan kenaikan BI rate yang akan berdampak pada kenaikan suku bunga tentu saja akan berpengaruh pada penjualan. “Pengaruhnya sih pasti ada tetapi saat ini belum kami rasakan, “ ujarnya.
Kalaupun dirasakan, tidak akan terlalu signifikan karena dari hitungan kenaikan tersebut sebenarnya sangat kecil terlebih untuk harga, sepeda motor Cina bisa dikatakan lebih murah. Selain itu sepeda motor kini sudah menjadi kebutuhan bukan seperti barang mewah yang hanya dimiliki orang tertentu saja.
”Sekarang ini sepeda motor sudah menjadi kebutuhan, nah kalau namanya kebutuhan kenaikan harga berapapun sepertinya tidak akan menjadi masalah, apalagi kenaikannya tidak terlalu besar, ” tegasnya.
Untuk Beijing sendiri, Antony mengaku penjualan hingga sekarang ini masih tetap stabil dikisaran 300 unit per bulan. Kondisi seperti ini diprediksi akan terus berlangsung seiring dengan beragam produk dan program yang ditawarkan.
Lebaran kemarin, sambungnya penjualan Beijing mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan bulan-bulan sebelumnya. Namun ia tidak merinci berapa besar lonjakan yang dimaksud.    Mengenai produk sejauh ini masih didominasi bebek dengan komposisi hampir 70 persen disusul sport, metic dan roda tiga.
Senada diungkapkan Branch Manager PT Sumber Trada Motor Main Dealer Kawasaki Palembang Rando Emirdzon S.Sos. menurutnya, kenaikan suku bunga tentu berpengaruh pada penjualan tetapi tidak begitu signifikan. “Ya ada pengaruh tetapi tidak seberapa, terlebih produk kami masih banyak yang indent seperti ninja, “ ujarnya.
Ditambahkannya, kedepan penjualan diprediksi akan tetap sama seperti sekarang ini, untuk itu pihaknya tidak akan melakukan kebijakan baru seperti merevisi target. “ Revisi target nggaklah, karena sekarang ini saja sudah over, paling untuk penjualan ada sedikit penurunan tetapi rasanya tidak banyak, “tegasnya.
Setali tiga uang diutarakan Branch Manager PT Sugih Perdana Wisesa main dealer Bajaj Pulsar Palembang Wiwid Jaya Fikri. Menurutnya kenaikan suku bunga tentu berdampak pada penjualan. Karena nasabah dalam hal ini konsumen kemungkinan akan berpikir ulang sebelum memutuskan pembelian terlebih beberapa waktu lalu pihaknya sudah menaikan harga Bajaj Pulsar 180 cc dikisaran Rp 400 ribu. Tetapi persentasenya, sambung Wiwid sangat kecil. “ Pengaruh pasti ada, tetapi tidak begitu besar, jadi kita tetap optimis pada pencapaian target, “ tegasnya seraya tidak akan melakukan revisi target. (ace)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: