1.235 Caleg Perebutkan 75 Kursi

RADAR PALEMBANG, LEGISLATIF – Dari 1.271 bakal calon anggota legislatif yang mendafatar, sebanyak 1.235 orang dinyatakan lolos dan masuk dalam daftar calon sementara (DCS). Selanjutnya mereka akan bertarung memperebutkan 75 kursi yang ada di DPRD Sumsel.


”Sudah. Sore tadi kami sudah menggelar rapat pleno penetapan DCS. Hasilnya malam ini juga (kemarin, red) kami akan mulai menempelkannya. Dan besok akan kami umumkan di salah satu media,” katan Ketua KPU Sumsel Syafitri Irwan.
Ada pun jumlah yang lulus imbuhnya sebanyak 1.235 caleg. Nama-nama ini nantinya akan diuji publik selama lima hari sampai dengan tanggal 14 Oktober mendatang.
”Jadi mereka masih bisa dicoret kalau ada temuan yang benar-benar valid. Untuk itulah dilakukan uji publik. Karenanya kami berharap laporan dari masyarakat harus valid lengkap dengan data. Jangan hanya fitnah saja,” sambungnya.
Terkait dengan kuota perempuan, secara total lebih dari 30 persen. ”Totalnya ada 35 persen perempuan dalam parpol. Tetapi masih saja yang tidak memenuhi kuota 30 persen,” tukasnya.
Sementara itu,  Anggota KPU Sumsel, Alfian Toni mengatakan angka 1.235 tersebut tersebut terdiri dari 794 caleg laki laki dan 439 caleg perempuan. Dari 1.283 nama caleg yang masuk ke KPU Sumsel, sebanyak 48 caleg dinyatakan gugur karena tak memenuhi persyaratan yang telah di tentukan KPU Sumsel.
Terkait dengan parpol ganda, Alfian menjelaskan tak akan mencampuri persoalan parpol yang berpolemik. Ia mempersilahkan parpol untuk menyelesaikan persoalan mereka. Sedangkan untuk PKB pihaknya mengakomodir caleg PKB versi Muhaimin Iskandar.
Terkait kuota perempuan, tercatat sembilan parpol tidak memenuhi kuota 30 persen. Yaitu PPRN, PPD, PNI Marhaen, partai Golkar, PPP, PDS, Partai Patriot, PKDI dan PIS. Namun ia mengatakan tak ada sanksi terhadap parpol seperti itu. Biar masyarakat yang menilainuya.
Tercatat pula di dapil 1 terdapat 306 caleg, dapil 2 terdiri dari 193, dapil 3 terdiri dari 166 caleg, dapil 4 terdiri dari 139 caleg, dapil 5 terdiri dari 182 caleg, dapil 6 terdiri dari 132 caleg dan dapil 7 terdiri dari 117 caleg.(rul)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: